Diluncurkan 17 April 2017, SMSI akan Dilibatkan dalam HPN 2018

560
SMSI
Serikat Media Siber Indonesia

JURNAL SUMBAR | PADANG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang sudah merampungkan kepengurusan akan segera diluncurkan, tepatnya hari Senin, 17 April 2016 di Hall Jaya Suprana di Mall of Indonesia, Kelapa Gading.

“Kami bersyukur karena banyak pemilik dan pengelola media massa siber di daerah yang memiliki visi yang sama dengan kami tentang pentingnya meningkatkan profesionalitas,” kata Firdaus Sekjen Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus seperti dikutip dari kabartangsel.com

Dijelaskan, tidak bisa dipungkiri, perkembangan ICT yang semakin pesat menuntut kita untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain dalam mematangkan kemerdekaan pers

Firdaus yang juga Ketua PWI Provinsi Banten itu menjelaskan SMSI yang didirikan di Jakarta pada tanggal 21 Maret 2017, kini telah memiliki pengurus yang tersebar di 18 provinsi.

“Targetnya sampai bulan depan SMSI akan berdiri di seluruh provinsi di Indonesia,”sebutnya.

Sebelumnya, seperti dikutip dari imcnews.id, dalam sebuah diskusi Focus Group Diiscussion (bincang media) Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/4) dibahas agenda kegiatan peringatan yang akan digelar di Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Hendry CH Bangun dalam diskusi tersebut mecetuskan gagasan untuk melibatkan pers kampus dan media siber pada HPN 2018.

SMSI mendapatkan mandat sebagai penanggung jawab kegiatan pelibatan pers kampus, dan media siber pada peringatan HPN tahun depan.

Dengan bentuk tanggung jawab, Ketua SMSI, Teguh Santoso mengimbau para pemegang mandat di daerah, agar mempercepat pembentukan kepengurusan.

Sementara itu untuk di Sumatera Barat, SMSI dipimpin Yal Aziz, dengan sekretarisnya Novermal Yuska dalam pertemuan Jumat, 7 April 2017.

Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Serikat Media Siber Indonesia, Musryid Sonsang tak hanya menyampaikan rasa bangganya, tetapi juga tetapi juga menyatakan senang dan puas dengan telah terbentuknya SMSI Sumatera Barat

“Sebagai anak nagari Sumatera Barat, banyak harapan dan keinginan saya dengan SMSI Sumbar ini,” kata Mursyid Sonsang seperti dikutip dari Tabloid Bijak, Kamis, 6 April 2017.

Menurut Mursyid, dengan dipilihnya Sumatera Barat sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018, bisa juga dimanfaatkan oleh SMSI untuk melaksanakan kongres yang pertama.

“Alasannya, karena Kota Padang atau Sumatera Barat akan menjadi pusat perhatian oleh para wartawan, pengusaha koran dan pemilik portal berita online atau siber se tanah air,” sebutnya.

Kemudian, kata Mursyid, tujuan membentuk Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ini, lebih untuk menganyomi, membimbing dan membina rekan-rekan pemilik media cyber atau portal berita online.

“Kita di SMSI ingin media siber ini sehat dan bermatabat,” katanya

Redaktur: R Piliang