24 Nagari di Sijunjung Tuntas Selesaikan Proses APB Nagari 2017

687
Arrival Boy
Arrival Boy, Wakil Bupati Sijunjung

JURNAL SUMBAR| Sijunjung — Ternyata dari 61 Nagari plus satu Desa di delapan Kecamtan Kabupaten Sijunjung itu baru 24 nagari yang sudah dalam proses pencairan dana desa. Ironisnya lagi, ada tiga kecamatan yang belum mencairkan sama sekali. Ada apa?

Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, SH tak menapik bahwa baru 24 nagari yang baru selesai dalam proses pencairan dana desa. ” Sesuai laporan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Nagari (PMN) Drs. H. Syukri Syofyan, MM ya baru 24 nagari lah yang baru tuntas menyelesaikan proses pencairan dana desa,” sebut Wabup pada Jurnal Sumbar, Selasa (23/5) sore.

Ironis lagi, justeru ada tiga kecamatan sama sekali belum menyelesaikan proses pencairan dana. Diantaranya, Kecamatan Lubuktarok, Kototujuah dan Sumpurkudus.

“Kita minta agar yang belum menyelesaikan proses pencairan dana desa untuk segera diselesaikan dan dikerjakan dengan cepat,” kata Wabup menegaskan.

Kepala Dinas PMN Sijunjung, Drs. H. Syukri Syofyan, MM menyebutkan, Kecamatan yang sudah menyelesaikan proses pencairan desa itu terdiri dari, Kecamatan Ampeknagari dari lima nagari (Palangki, Muarobodi, Kotobaru, Mundam Sakti, dan Kototuo) semua sudah lengkap dan tuntas menyelesaikan proses pencairan dana, sebut mantan camat Ampeknagari itu.

Kecamatan Kamangbaru,  dari 11 nagari, 9  nagari (Sungailansek, Muaro Takuang, Kunpar, Kamang, Aie Amo, Sungaibetung, Siaua, Maloro dan Tanjungkeling) sudah selesai proses pencairannya hanya dua nagari yang belum.

Sedangkan di Kecamatan Tanjunggadang, dari 9 nagari baru 5 nagari (Taratak Baru Utara, Taratak Baru, Tanjunglolo, Tembulun dan Sinyamu) yang sudah menyelesaikan proses pencairan dana desa dan 4 nagari lainnya belum melakukan apa-apa. Begitupun di Kecamatan Sijunjung, dari 9 nagari, baru Nagari Pematangpanjang, Kandangbaru, Silokek dan Aie Angek menyelesaikan proses pencairan dana sisanya belum diketahui.

Sementara Kecamatan Kupitan dari tiga nagari dan satu desa baru Padangsibusuk yang menyelesaikan proses pencairan.

“Sedangkan Kecamatan Lubuktarok terdiri dari 6 nagari, Kecamatan Kototujuah terdiri 6 nagari dan satu nagari persiapan serta Kecamatan Sumpurkudus terdiri dari 11 nagari juga belum ada laporan menyelesaikan proses pencairan dana,”tambah Syukri.

Bahkan APB Nagari 2017 juga ada nagari yang belum selesai seperti Nagari Pulasan Tanjunggadang dan Sijunjung juga ada 5 nagari yang belum menyelesaikan APB Nagari 2017, jelas Kadis PMN Sijunjung itu. ” Tapi itu kondisi laporan hari  ini ya,” tambah Syukri pada Jurnal Sumbar, Selasa (23/5) sore. [Saptarius]