Cetak Intelektual Minang, Kementerian BUMN Dorong CSR Bantu Dunia Pendidikan

458
Intelektual Minang
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno

JURNAL SUMBAR | Padang — “Saya pribadi yang bukan asli orang Minang, sangat mengagumi Sumbar sejak kecil, dahulu saya pernah berniat untuk dapat sekolah di Sumatera Barat, karena begitu banyak tokoh-tokoh besar negara ini yang lahir di Ranah Minang, seperti Bung Hatta, Sutan Syahrir, Tan Malaka dan Buya Hamka,”.

Hal tersebut dikatakan oleh Asisten Deputi Pertambangan dan Industri Strategis Kementeriaan BUMN, Bagia Mulyanto saat penyerahan bantuan dari CSR Semen Padang kepada 449 siswa sekolah dan Mahasiswa yang ada di Kabupaten 50 Kota, Kamis (11/5/2017) di Aula Rumah Dinas Bupati.

Disebutkan, Sumatera Barat merupakan pencetak orang-orang intelektual sejak sebelum kemerdekaan hingga era reformasi sekarang. Dalam menjaga budaya intelektual yang sudah ada tersebut, ia bertekad untuk terus mendorong CSR dari perusahaan terutama BUMN yang ada untuk dapat memberikan bantuan, terutama di bidang Pendidikan.

“Kami terus akan dorong, terutama di bidang pendidikan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi langkah Kementeriaan BUMN dan PT. Semen Padang yang dinilai sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan. Permasalahan utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya anggaran.

“Anggaran kami di Pemerintah Daerah tentulah terbatas, tidak semua bisa kami cover dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, Irwan juga berpesan kepada anak-anak yang menerima bantuan, agar tetap belajar dengan baik dan sungguh-sungguh karena anak-anak lah harapan bangsa ini ke depan namun tidak melupakan agama yang sudah melekat kuat bagi orang Minang hingga saat sekarang.

Selain itu, Gubernur dua periode tersebut juga membocorkan sedikit rahasia yang didapatkannya dari Dirut Semen Padang. Bantuan diberikan kepada siswa yang meraih juara umum di sekolah dan berprestasi dibangku kuliah serta ekonomi keluarganya pada kelas menengah kebawah.

“Ini merupakan sebuah reward bagi para anak-anak juara umum dan mahasiswa berprestasi, semoga ini dapat terus memacu semangat untuk terus berprestasi” katanya.

Sementara itu, Bupati 50 Kota Irfendi Arbi sebagai tuan rumah emngapresiasi langkah Gubernur yang selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten 50 Kota, terutama pada penanganan bencana di Pangkalan beberapa waktu lalu.

“Kami di 50 Kota saat ini sudah merasakan hasil kerja Bapak Gubernur, dengan cepatnya penanganan dalam menghadapi bencana dan pasca bencana, dan semoga bencana kemaren tidak terulang kembali” harapnya.[Edi Suandi]