Jalinsum di Sijunjung Amblas dan Rusak

677
Jalinsum
Jalan berlubang yang diberi ban bekas dan rumput oleh warga

JURNAL SUMBAR| Sijunjung — Kondisi ruas jalan propinsi dan negara di Kabupaten Sijunjung sudah sampai ke tingkat mengkhawatirkan. Selain berlobang dan bergelombang, jalan-jalan itu juga ada yang amblas.

Tak percaya? Lihat saja kondisi ruas Jalinsum di simpang Tanahbadantuang. Bahkan untuk menghindari terjadinya kecelakaan warga malah menanam beberapa rerumputan dan kayu di lobang Jalinsum itu.

“Sampai kapan kondisi jalan berlobang dan rusak seperti ini dibiarkan. Apakah harus menunggu korban dulu baru diperbaki,” keluh Anto, warga Sijunjung pada Jurnal Sumbar, Kamis (18/5) pagi.

Bahkan Jalinsum di Tanjunglolo Tanjunggadang ruas jala negara itu amblas hingga 50 meter. Tak jarang mengakibatkan antrian dan kemacetan.

Parahnya lagi, akibat jalan amblas di Jalinsum kilometer Tanjunglolo itu menjadi tempat ajang pungutan liar bagi sekelompok orang. Apalagi kalau malam melintasi jalan tersebut diduga terjadi pemaksaan pungli.

Kalau orang baok oto ndak maagih pitih urang-urang nan indak dikenal tu mamaso secaro kekerasan dan sudah meresahkan,” ujar Ati salah seorang pengguna jalan pada Jurnal Sumbar, Kamis (18/5) pagi.

Wabup Sijunjung Arrival Boy,SH, membenarkan kondisi ruas jalan propinsi dan negara di Sijunjung sudah sangat kronis. ” Cukup banyak kerusakan jalan propinsi dan negara di Sijunjung butuh penanganan segera terutama ruas Jalinsum. Apalagi arus mudik lebaran sudah dekat dan untuk itu butuh perbaikan segera,” kata Arrival Boy.

Terkait keresahan warga melintasi Jalinsum yang amblas itu pun tak ditampik Kapolres Sijunjung, AKBP Imran Amir, S.IK.MHum. “Kita memang sudah mendapat laporan soal itu dan segera kita tangani bekerjasama dengan pihak Pemkab Sijunjung untuk membuat pengguna jalan aman melintasi Sijunjung,”kata Kapolres. [Saptarius]

 

Foto Kerusakan Jalan

Jalinsum

Jalinsum

Jalinsum