Ketua DPW Nasdem Sumbar Dilaporkan ke Polresta Padang

1444
DPW Nasdem
Darwin Kasimin

JURNAL SUMBAR | Padang — Syamsu Rahim, Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar dilaporkan oleh mantan anggota DPRD Kota Sawahlunto 1999-2004, Darwin Kasimin ke Polresta Padang, Selasa siang (9/5). Syamsu Rahim dilaporkan terkait dugaan penggelapan dana klaim asuransi anggota DPRD Kota Sawahlunto periode 1999-2004.

Menurut Darwin Kasimin, dia melaporkan Syamsu Rahim karena ada dana klaim asuransi haknya yang diduga diterima oleh Syamsu Rahim sebagai Ketua DPRD Kota Sawahlunto waktu itu, tapi dia merasa tidak pernah menerima dana tersebut.

“Dari informasi dan data dari Asuransi Bumi Putera 1912 Cabang Padang, ada nama saya sebagai penerima, tapi saya tidak pernah menerima dana tersebut,” sebutnya kepada Jurnal Sumbar di salah satu hotel di Padang, Selasa malam (9/5).

Dijelaskan Darwin Kasimin, berdasarkan perjanjian antara DPRD Kota Sawahlunto dengan Asuransi Bumi Putera 1912 nomor 441.3/193/DPRD-SWL/2001 dan nomor 325/QPD/Askum-BP/VII-2001 yang ditandatangi oleh Syamsu Rahim sebagai Ketua DPRD Kota Sawahlunto dan H. Erwito Pimpinan Operasional Asransi Bumi Putera 1912 Padang, ada dana klaim akhir masa kontrak yang akan diterima masing-masing anggota DPRD.

“Berdasarkan informasi serta copy kwitansi dan daftar penerima dana klaim akhir masa kontrak tersebut, saya bersama 19 anggota DPRD lainnya menerima masing-masing Rp10,3 juta. Tapi, saya sebagai anggota DPRD waktu itu tidak pernah menerimanya,” jelas Darwin Kasimin.

“Karena itulah saya melaporkan Syamsu Rahim ke Polresta Padang. Karena tanda tangan pemerima di kwitansi dan daftar pemerima dana tersebut mirip tanda tangan Syamsu Rahim Ketua DPRD waktu itu,” tambahnya lagi.

Dijelaskan Darwin Kasimin, dia melapor ke Polresta Padang dengan laporan nomor LP/934/K/V/2017/SPKT tanggal 09 Mei 2017. “Saya sudah di BAP oleh penyidik Polresta Padang,” jelasnya. “Saya berharap laporan saya itu ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” harapnya.

Syamsu Rahim yang dikonfirmasi Jurnal Sumbar via ponselnya, Selasa malam (9/5) membantah tuduhan Darwin Kasimin tersebut. “Saya merasa tidak pernah menerima uang klaim asuransi yang dituduhkan Darwin Kasimin tersebut,” ujarnya. “Saya hormati proses hukum, dan saya akan buktikan bahwa itu tidak benar,” tambahnya. “Pada waktunya saya akan melapor balik,” tegasnya.

Ditambahkan Syamsu Rahim, Darwin Kasimin sering meminta uang kepadanya. “Terakhir dia minta uang untuk beli kambing, tapi tidak saya layani lagi. Mungkin karena sakit hati, maka dicari-cari masalah untuk menekan saya. Pada waktunya saya akan laporkan balik. Karena yang dilaporkannya itu tidak benar,” tegasnya. [Enye]