Ruas Jalinsum dan Jalan Propinsi di Sijunjung Rusak Parah

843
sijunjung
Jalan nasional di Sijunjung rusak parah

JURNAL SUMBAR| Sijunjung — Ruas jalan negara dan provinsi di Kabupaten Sijunjung, Sumbar kian kronis. Terutama kerusakan Jalinsum di simpang Tanahbadantuang. Selain berlobang juga bergelombang.

Kerusakan ruas jalan di Jalinsum itu membuat pengguna jalan manggarutuk. “Sampai pabilo jalan negara ko balubang mode ko. Kalau indak hati-hati bisa masuk lubang dibuweknyo,”ujar Anto, warga Sijunjung pada JURNAL SUMBAR, Senin (9/5) menyoroti carutmarutnya infrastruktur Jalinsum.

“Ikolah kalau perbaikan jalan asal jadi dan tagageh,”tambahnya. Menurut Anto perbaikan Jalinsum itu belum genap setahun bertepatan dengan kegiatan TdS 2016.

Hal senada juga diungkapkan Miswati, seharusnya pihak terkait cepat tanggap banyaknya kerusakan jalan negara dan provinsi.

Sementara itu, pantauan JURNAL SUMBAR di lapangan, kerusakan Jalinsum itu sudah tingkat akut. Tak heran untuk mencegah terjadinya kecelakaan warga pun memasang tanda di badan jalan. Apalagi saat hujan, jalan berlobang berdiameter 45×50 cm dan bergelombang cukup banyak itu dikuatirkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Tak hanya Jalinsum, ruas jalan dari dan ke Tanjungampalu serta ruas jalan ke Sitangkai Tanahdatar juga banyak yang rusak. Selain berlobang dan bergelombang kondisi ruas jalan menuju simpang Setangkai itu juga sudah kronis. [Saptarius]