Selasa, Nagari Lubuktarok Siap Dinilai Tim Tingkat Kabupaten

468

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kalau tidak ada aral melintang, Selasa (23/5) besok Nagari Lubuktarok dinilai tim lomba nagari tingkat Kabupaten Sijunjung. Berbagai persiapan sejak setahun terakhir dilakukan Nagari Lubuktarok.

Walinagari Lubuktarok Zuriatman kepada Jurnal Sumbar, Senin (22/5) sore menyebutkan, nagari Lubuktarok yang berpenduduk 7.621 jiwa dengan 1.568 kepala keluarga (KK) itu siap menyambut kedatangan tim penilai lomba nagari tingkat kabupaten .

Disebutkan Zuriatman, nagari yang dikenal dengan makanan tradisional “Godok Obui” itu meliputi tujuh jorong. Yakni terdiri dari Jarong Padangbasiku, Kototuo, Silalakulik, Tigokorong, Sungaijodi, Jambulipo dan Jorong Andopan dengan pusat nagari berada di Sungaijodi.

Sebelum menjadi dilebur menjadi nagari, dulunya bernama desa yang terdiri dari Desa Kototuo meliputi Dusun Padangbasiku, Sungaijernih, Limantu, Batangkurimo dan Silalakkulik.

Selain itu Desa Sungaijodi meliliputi Dusun Tigokorong dan Sungaijodi serta Desa Jambulipo meliputi Dusun Jambulipo dan Dusun Andopan. ” Sejak kembali ke nagari desa-desa itu menjadi nagari,”tutur S.Pado Putieh salah seorang tokoh masyarakat kepada Jurnal Sumbar, Senin (22/5) sore.

Nagari Lubuktarok dengan luas wilayah 100.000M2 bujur sangkar itu terdiridari perkebunan karet dan sawit serta persawahan. Matapencarian warga berkebun, bertani, swasta dan ada juga pegawai.

Sejak setahun terakhir Lubuktarok berbenah diri,  meski daerah itu sempat dihantam bencana banjir bandang, masyarakat tetap bersemangat berusaha dan bergotoroyong. Dilubuktarok selain dikenal dengan kerajaan jambulipo dan rumah gadang 13 ruang, daerah itu juga memiliki berbagai kesenian tradisonal seperti tari tanduak.

“Kami sudah siap untuk dinilai tim lomba nagari tingkat kabupaten mewakili Kecamatan Lubuktarok,” kata Walinagari Lubuktarok Zuriatman.

Lomba penilaian itu, kata Zuriatman, meliputi, pemerintahan, kewilayahan, penduduk, kesehatan, ekonomi, PKK dan kelembagaan dan keikutsertaan partisipasi masyarakat.

Pusat Pemerintahan Nagari Lubuktarok berjarak sekitar 1,5 kilometer dengan Pusat Pemerintahan Kecamatan dan berjarak sekitar 20 kilometer ke pusat Ibukota Kabupaten Sijunjung di Muaro. [Saptarius]