Wagub Harapkan Tiga Poin dalam Rakornas Bidang Kemaritiman 2017

382
Rakornas Bidang Kemaritiman
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit

JURNAL SUMBAR | JAKARTA — Wakil Gubernur Sumatera Barat menyampaikan beberapa harapan kepada menteri terkait dalam acara Rakornas Bidang Kemaritiman tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Presiden RI dan dilaksanakan di Sasana Griya TMII Jakarta hari ini. Kegiatan tersebut diikuti peserta dari kementerian terkait, Gubernur se-Indonesia, Bupati/Walikota se-Indonesia dan instansi terkait lainnya.

“Penyelesaian pembangunan Bandara Rokot di Mentawai,” sebut Wakil Gubernur, Nasrul Abit menyampaikan harapan pertamanya.

Sementara untuk harapan ke-2, terkait jalan darat di Mentawai yang saat ini bisa dibilang belum layak untuk membawa hasil kebun masyarakat mentawai menuju pelabuhan yang nantinya akan di angkut kapal.

Sedangkan harapan ketiga yakni, di Pasaman Barat kita sedang membangun pelabuhan ketapang yang belum selesai sampai saat ini dan dimohon bantuan dari pemerintah pusat untuk membantu percepatan karena saat ini hasil CPO dari Pasaman Barat diangkut lewat darat ke pelabuhan teluk bayur yang sudah berusia 100 tahunan lebih yang bisa mengakibatkan rusaknya jalan darat di Sumatera Barat.

“Untuk di wilayah barat Sumatera termasuk pelabuhan teluk bayur di Sumatera Barat belum masuk dalam program tol laut,” sebutnya.

Selain tiga harapan tersebut, Wagub Sumbar juga menanyakan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan saat menjadi pembicara, bahwa untuk alat tangkap cantrang sudah ada solusi oleh Bapak Presiden dan sementara untuk alat tangkap bagan di Sumatera Barat belum ada solusinya.

Sumber Humas Pemprov Sumbar
Redaktur: R Piliang