Antisipasi Arus Mudik, Polres Sijunjung Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Ramadniya 2017

433

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jumlah arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan lebih meningkat dibanding tahun lalu. Untuk mengantisipasi kemacetan maupun tindak kejahatan, terutama di jalan lintas Sumatera (Jalinsum), Polres Sijunjung menggelar rapat koordinasi lintas sektoral (Rakor LS).

Rakor LS yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, Mapolres Sijunjung, sejak Jumat (9/6) pagi hingga siang itu dihadiri Wabup Sijunjung, Arrival Boy, SH. Juga hadir Kepala Kesbangpol, Drs. Yunani, M.Si, Asisten I Setdakab, Irwandi, M.Si, para Kadis instansi terkait dan stakeholder, pejabat utama Polres, para Kapolsek dan pihak Kodim 0310 SSD juga ikut serta dalam Rakor LS yang dipimpin Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum.

Rakor LS yang berlangsung sehari penuh itu, membahas antisipasi arus mudik lebaran warga yang pulang kampung dari rantau. Termasuk Rakor LS juga membahas pengamanan arus balik lebaran.

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, saat arus mudik tidak ada kemacetan maupun tindakan pungli di jalan yang dilalui para pemudik maupun disaat arus balik.

Pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 di Sijunjung, dinamakan, ‘Operasi Ramadniya’. “Operasi Ramadniya, adalah operasi kemanusian, untuk memberikan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat yang akan mudik dan balik lebaran pada Idul Fitri tahun ini,” kata Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum, kepada Jurnal Sumbar, Jumat (9/6) sore.

Dalam pengaman arus mudik dan arus balik lebaran itu, berada di 4 lokasi wilayah hukum Polres Sijunjung. Tiga pos pelayanan berada di Tanjungampalu, Simancuang dan Kiliranjao. Serta satu pos pengamanan berada di Telabang Sakti.

Dalam Operasi Ramadniya 2017, menempat personil/petugas, dari Polres, Kodim, Perhubungan, Dinas Kesehatan, PU dan anggota BPBD Sijunjung. Pelaksanaan Ops Ramadniya itu pada H-9 s/d H+7, sesuai perintah Presiden RI, Joko Widodo.

“Nah, untuk itu diharapkan agar dinas instansi terkait dan stakeholder yang terlibat dalam operasi ini supaya dapat mengirimkan anggota yang memiliki tenaga full untuk membantu pos pelayanan maupun pos pengamanan,” ujar AKBP Imran Amir, berharap arus mudik dan balik lebaran 2017 di wilayah hukum Polres Sinunjung berjalan aman dan lancar. [Saptarius]