Bank Indonesia Sebarkan Uang 5 Milyar di Solok, Siap-Siap Bukittinggi dan Payakumbuh

572

JURNAL SUMBAR | SOLOK — Bank Indonesia menyebarkan uang sebanyak 5 milyar rupiah di Solok pada hari Sabtu, 10 Juni 2017. Uang tersebut digunakan untuk penukaran uang baru ke masyarakat oleh Bank Indonesia dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Syech Kukut Kota Solok pada pagi pukul 08.30 dan direncanakan akan selesai pada pukul 13.00. Ratusan masyarakat terlihat mengantri dengan tertib disetiap Loket penukaran uang yang disediakan.

Menurut Fikri (36) salah seorang koordinator acara dari Bank Indonesia menyebutkan, uang yang akan diedarkan oleh Bank Indonesia untuk daerah Solok kurang Lebih sebanyak 5 Milyar.

“Untuk proses pendistribusian uangnya kami juga bekerjasama dengan 5 Bank yang ada di Solok yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Nagari dan Bank BSM serta untuk keamanan dibantu Pihak Kepolisian,”sebutnya.

Ia menambahkan tujuan utama kegiatan ini yang adalah untuk pengedaran uang baru ke masyarakat, dan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait uang baru tersebut, nanti kami juga akan adakan lomba dan doorpirze agar kegiatan ini jadi lebih menarik.

Disisi lain, warga Solok merasa beruntung dengan adanya kegiatan ini. Namun sejumlah warga juga sedikit menyayangkan kurang luasnya info terkait adanya kegiatan penukaran uang tersebut.

“Saya baru tau ada kegiatan penukaran uang disini pagi ini dan itupun karena dikasih tau teman” tutur Oyong (39).

Warga Lain yang juga hadir dalam kegiatan ini Mirna (43) Seorang Pedagang Di Pasar Raya Solok menuturkan, ia merasa beruntung ada kegiatan ini disini, dekat dengan tempatnya berjualan.

“Untuk bagi-bagi THR ke Anak-anak pada Hari Lebaran nanti, anak-anak kan biasanya senang menerima Uang Baru yang masih rapi dan berbau khas,” sebutnya.

Sekedar Info, Kegiatan Penukaran Uang ini dilakukan oleh Bank Indonesia di beberapa Daerah di Sumatera Barat, dimana untuk Hari Sabtu Tanggal 10 Juni 2017 diadakan serentak di Pariaman dan Solok, dilanjutkan pada Hari Sabtu 17 Juni 2017 di Bukittinggi dan Payakumbuh. Kegiatan ini dimulai Pukul 08.30 s/d 13.00 WIB dan tanpa dipungut biaya.

Panitia juga mengimbau agar masyarakat dalam menukarkan uang mereka agar menggunakan pecahan uang yang besar dan telah disusun rapi seperti uang tidak terlipat dan sisinya disamakan, agar masyarakat pada saat antri menukarkan uang tersebut tidak kerepotan dan memakan waktu yang lama dalam proses penghitungan uangnya. [FHAJRI A. G]