Di Lubuktarok Sijunjung, Walinagari Buka Bersama di Rumah Gadang

657
Suasana keakraban sesama anak nagari di acara buka bersama di rumah gadang Lubuktarok, Sijunjung.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung РMemasuki Hari ke-22 Ramadhan, Sabtu (17/6), Walinagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung menggelar buka bersama (Buber) dengan elemen tokoh masyarakat setempat. Buber ala Nagari Lubuktarok tersebut digelar di Rumah Gadang 13 Ruang, Suku Piliang Dalimo, Jorong Sungaijodi, persisnya depan kantor Nagari Lubuktarok.

Meski suasana Buber ‘bakalebuik’ kebersamaan itu pun terlihat. Apalagi yang hadir seluruh unsur elemen masyarakat juga tumpah memadati rumah gadang 13 ruang yang dikenal sebagai cagar budaya Minangkabau di Lubuktarok. Mulai dari ketua BPN beserta anggota, ketua KAN beserta anggota, ketua TP PKK nagari beserta anggota, kepala Jorong sekanagarian Lubuktaro beserta TP PKK, ketua pemuda sekanagarian Lubuktarok, ninik mamak, tokoh masyarakat, bidan desa sekanagarian dan kader nagari serta guru PAUD juga ikut Buber di rumah gadang 13 rauang.

Aneka hidangan pun tersaji pada acara Buber itu. Apalagi, para TP PKK nagari, TP PKK jorong, para kader dan guru PAUD, turut serta membawa pabukoan. Sehingga acara Buber itu mempererat hubungan talisilaturahmi.

“Buber ini sudah menjadi agenda rutin tiap bulan suci Ramadhan. Dengan Buber, kita bisa merajut hubungan tali silaturahmi dan memperkokoh persatuan sesama warga,” ucap Walinagari Lubuktarok, Zuriatman, pada Jurnal Sumbar, Sabtu (17/6) malam. Saptarius