Hadapi Lebaran, Ketua BK DPRD Sijunjung Ajak Masyarakat Berhemat

470
Dasri Rajo Timbu

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Meski Lebaran hanya tinggal menghitung hari, namun daya beli masyarakat di Kabupaten Sijunjung terlihat lesu. Itu semua disebabkan ekonomi masyarakat menurun jika dibanding tahun sebelumnya.

“Harga komoditi karet sebagai mata pencarian masyarakat di nagari-nagari saat ini memang lagi lesu. Harga karet ditingkat petani sangat rendah. Sementara kondisi alam juga tak mendukung karena hampir saban hari hujan turun,” kata Dasri Rajo Timbu, Ketua Badan Kehormatan (BK), DPRD Sijunjung, kepada Jurnal Sumbar, Selasa (13/6) pagi.

“Pada musim lebaran tahun ini, diharapkan tak perlu berpoya-poya dan tidak harus memaksakan kehendak untuk membeli ini dan itu. Kencangkan saja ikat pinggang dengan apa adanya, karena ekonomi masyarakat memang lagi menurun,”kata Dasri Rajo Timbu, mengingatkat.

Disebutkannya, ekonomi masyarakat akhir-akhir ini menurun jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia mengambil contoh, misalnya di Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok.

“Di negeri kita matapencarian warga hanya motong karet. Sementara harga karet anjelok dan hasil sadapan karet pun tak seberapa. Belum lagi jika hujan, masyarakat tak bisa berbuat apa-apa karena karet tak bisa mengalir. Nah, dengan kondisi itu, diharapkan masyarakat menghadapi lebaran tak perlu berpoya-poya memaksakan diri harus membeli semuanya,”sebut politisi Partai Hanura Sijunjung itu. [Saptarius]