Itikaf 40 Hari, Jamaah Lansia Surau Tapian Pauh Lubuktarok Dapat Paket Sembako dari Polres Sijunjung

819
Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jika selama ini jajaran Polres Sijunjung dicap ‘ganas’ dan ditakuti para pelaku kejahatan, itu hal yang harus dilakukan untuk terjaganya Kamtibmas dilingkungan masyarakat. Tapi polisi peduli warga lanjut usia (Lansia), baru kali ini didengar.

“Sajak dunia takambang, baru kali iko aparat yang peduli pada kami orang yang sudah lanjut usia. Kami benar-benar berterimakasih pada pak polisi yang memberi bantuan sembako pada kami,” kata Inyiak Mansu, 78 th, Jemaah Lansia, Surau Tapian Pauh, Jorong Sungaijodi, Nagari Lubuktarok, Sijunjung, Sumbar pada jajaran Polres Sijunjung, Sektor Lubuktarok.

Pernyataan Inyiak Mansu, warga Jamaah, Surau Tapian Pauh, disampaikannya saat jajaran Polres Sijunjung, Sektor Lubuktarok, yang dipimpin Kapolsek Lubuktarok, Iptu.Pol. Syafrudin Arief, beserta anggotanya, berkunjung dan bersilaturahmi dengan para Lansia yang menjalankan ibadah di surau tersebut, pada Sabtu (10/6) siang.

Bahkan, kapolsek yang dikenal taat dan kuat beribadah serta merakyat itu, juga berkesempatan sholat dzuhur bersama dengan warga Lansia Surau Tapian Pauh dan anggotanya juga turut sholat.

Pada pertemuan dengan Lansia itu, Kapolsek Lubuktarok, menyampaikan agar para Lansia untuk menjaga dan mencek kesehatannya agar tidak sakit dalam menjalankan ibadah.

Kegiatan yang dilakukan polisi Sektor Lubuktarok, bagian dari tugas penyampaian pesan kamtibmas dan menindaklanjuti surat pimpinan Polri yang ditembuskan pada Waka Polri, Irwasum Polri yang disampaikan pada Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum, pada Senin (5/6), tentang kegiatan selama bulan Ramadhan.

Baik itu penyampaian tingkat pelaksanaan yasinan, pengajian, pemasangan spanduk pesan kamtibmas dalam suasana Ramadhan, kegiatan tadarus maupun itikaf.

Setidaknya ada 17 warga Lansia yang berusia di atas 55 tahun, yang terdiri 3 laki-laki dan 14 wanita. Mereka menjalankan ibadah puasa 40 hari dan menetap di surau tersebut. Setiap tahun mereka laksanakan ibadah itikaf 40 hari itu setiap Ramadhan tiba.

Dalam silaturahmi dengan warga Lansia di Surau Tapian Pauh, Kapolsek Lubuktarok, Iptu.Pol. Syafrudin Arief, atas nama Kapolres Sijunjung, AKBP, Imran Amir, S.IK.MHum, menyerahkan bantuan sembako. Kegiatan yang dilakukan polisi Sektor Lubuktarok itu, merupakan kegiatan untuk yang kedua kali. Hal serupa juga pernah dilakukan, dan ketika itu baru sebatas silaturahmi.

Kapolres Sijunjung, AKBP, Imran Amir, S.IK.MHum, memuji kegiatan yang dilaksanakan anggotanya di sektor polisi Lubuktarok, dibawah pimpinan Iptu. Pol. Syafrudin Arief.

“Polisi adalah pengayom, dan pelindung masyarakat. Setiap polisi wajib membantu dan melindungi masyarakat. Saya bangga dengan kinerja jajaran polisi di Lubuktarok yang selalu peka dan proaktif bersama masyarakat saling membantu,” kata mantan Subdit Tipikor Polda Sumbar, kepada Jurnal Sumbar, Sabtu (10/6) sore. [Saptarius]