Macet, Jarak Tempuh Padang-Painan Capai 4 Jam Lebih

1587
Ruas jalan Padang-Painan, terutama di Km54 Tarusan, macet total

JURNAL SUMBAR | Painan – Ruas jalan Padang-Painan benar-benar macet. Terutama diruas jalan Km 54, tepatnya di Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar.

Lebih dari 4 jam perjalanan zik zak dan merayap, dari Kota Padang ke Painan, para liburan idul fitri yang ingin menikmati indah pantai Carocok Painan belum juga kunjung sampai.

“Sebelumnya kami terjebak macet di ruas jalan Telukbayur Padang mencapai satu jam lebih. Sekarang juga terjebak di Tarusan juga sudah hampir tiga jam,”kata Andi salah seorang warga Sijunjung, kepada Jurnal Sumbar, Selasa (27/6) siang.

Disebutkanya, Andi bersana keluarganya dari Padang terjebak macet sejak dari pukul 11.20 WIB. “Hingga kini sudah pukul 14.40 WIB, belum juga sampai ke Painan. Biasanya, kalau hari normal Padang-Painan tak habis waktu satu jam..Sekarang bena-benar merayap,” kata Andi.

Hal juga dikeluhkan Haida, salah seorang warga Tanahdatar, yang juga melihat indahnya, pantai Carocok Painan. “Untung saja kami bawa perbekalan, kalau tidak ya bisa kelaparan diatas kendaraan berjam-jam terjebak macet,”ucap wanita muda itu pada Jurnal Sumbar, Selasa (27/6) siang.

Rarusan kendaraan berbagai jenis merk dari dan ke Painan itu memadati ruas jalan provinsi Padang-Painan. Kemacetan sangat terlihat di Km 54, Tarusan, lebih dari tiga jam para pelibur idul fitri itu terjebak macet.

Bahkan kemacetan Padang-Painan itu mengalahkan macetnya ruas jalan Puncak Bogor-Bandung. Ini membuktikan, Painan menjadi tujuan tempat wisata bagi para mudik maupun para pelibur lebaran. Sayangnya, kemacetan itu tak ada yang mengatur lalulintas.Sehingga banyak dikeluhkan para penikmat wisata Pantai Carocok dan Pantai Mande dan Jembatan Akar.  [Saptarius]