MS Ka’ban Minta Pejabat Sijunjung Tidak Terlibat Korupsi

758
Mantan Menhut MS Kaban

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Mantan Menteri Kehutanan RI, era Pemerintahan SBY, MS Ka’ ban mengatakan, jangan merasa aman meski sudah pensiun. Untuk itu diingatkan pada pejabat untuk berhati-hati, terutama jangan terlibat korupsi.

“Menikmati saja bisa kena, apalagi terlibat korupsi yang dianggap memperkaya diri sendiri,” kata MS Ka’aban saat bertindak selaku penceramah pada sholat tarwih di rumah dinas Bupati Sijunjung pada, Selasa (20/6) malam.

Dikatakan, MS Ka’ban, hati-hati, sebagai pejabat. “Saya saja pernah diperiksa KPK hingga sembilan kali. Meski kita sering sama ketawa dengan penyidik, namun ketika diperiksa sungguh tak enak. Meski kita belum tentu terlibat. Bahkan, meski kita sudah pensiun bisa diperiksa jika itu terlibat untuk memperkaya diri sendiri. Nah, untuk itu harus berhati-hati bagi pejabat,” kata MS Ka’ban di hadapan Bupati Yuswir Arifin, Wabup Arrival Boy dan para OPD serta kalangan wartawan.

Lalu ia mencontoh kasus mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. “Pak Dahlan itu tidak ada merugikan negara atau nemperkaya diri. Tapi, justeru pak Dahlan menguntung negara. Namun, beliau tetap tersandung. Bedahalnya dengan mantan Menkum HAM Yusril Izha Mahendra, karena beliau paham dan tahu hukum sehingga tidak bisa tersentuh hukum, malah penyidiknya yang berhenti,” kisah MS Ka’ban.

“Bapak harus hati-hati, apalagi soal HP. Karena HP itu dimana bisa disadap. Bisa saja alat sadap dari kacamata, kancing baju, alat pendegaran bahkan alat sadap juga bisa maaf  “dicelana dalam” Nah, yang terpenting berhati-hatilah jadi pejabat. Jika kita sudah dapat Opini WTP, maka ditingkatkan,” kata MS Ka’ban, dihadapan para OPD. Saptarius