MTQ Nagari Lubuktarok, Sijunjung Target Bisa Juara Sumbar

580

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-2,  tingkat Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, dibuka secara resmi Bupati Sijunjung, diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Lubuktarok, Sidi Yanto, di Masjid Jihad Kototuo, pada Minggu (11/6) pagi yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

MTQ Nagari Lubuktarok yang diikuti 150 kafilah dari 7 jorong itu berlangsung di Masjid Jihad Jorong Kototuo. Terlihat para kafilah dan offesial dengan serius mengikuti pembukaan MTQ.

Diketahui, MTQ Nagari Lubuktarok,
memperebutkan piala bergilir walinagari. Sebelum pembukaan para kafilah menggelar pawai yang dimeriahkan dram band siswa-siswi di Lubuktarok. Piala bergilir yang selama ini bersemayam di Jarong Jambulipo, pada hari itu diserahkan kembali pada Walinagari Zuriatman.

Ketua Panitia Admiriska diwakili Dedi Amri, SPd, dalam laporannya, kegiatan MTQ itu diikuti 7 jorong. Utusan Jorong Padangbasiku, Kototuo, Silalakkulik, Tigokorong, Sungaijodi, Jambulipo dan Jorong Andopan.

“Lomba yang dipertandingkan, yakni, tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Selain itu lomba tartil tingkat anak-anak, remaja dan dewasa juga diperlombakan. Khotbah jumat, cerdas cermat dan lomba bintang kasidah juga mewarnai MTQ tingkat nagari,”kata Admiriska dan Dedi.

“MTQ Nagari Lubuktarok berlangsung hingga Selasa (13/6) mendatang, kegiatan nantinya dilaksanakan acara Nuzul Quran,”tambah Admiriska.

Walinagari Lubuktarok Zuriatman, dalam sambutanya, berharap agar para peserta mengikuti lomba dengan baik dan cermat. “Dengan adanya lomba MTQ ini diharapkan Lubuktarok bisa menjadi juara umum di tingkat kecamatan,”harap Zuriatman.

Pembukaan MTQ tingkat Nagari Lubuktarok, dilakukan Bupati Sijunjung, diwakili Sekcam Lubuktarok, Sidi Tomi, yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Ratusan warga memadati Masjid Jihad Kototuo itu.

“Selama ini yang selalu juara umum diraih kafilah Kota Padang. Nah, dengan adanya lomba ini, gimana kedepannya Sijunjung bisa pula menjadi juara umum,” harap bupati seperti disampaikan Sekcam Lubuktarok, Sidi Yanto. [Saptarius]