Pasar Tradisional Sijunjung Padat Pengunjung, Jalan Provinsi Macet

1005

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Memasuki hari ke-6 Ramadhan, pasar Kabupaten Sijunjung, yang terletak di sampimg ruas jalan provinsi, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, sejak Kamis (1/6)  pagi hingga siang ramai pengunjung.

Membeludaknya pengunjung di pasar tradisional itu membuat ruas jalan provinsi di Sijunjung itu macet.

“Bahkan saya sempat terhadang macet hingga setengah jam. Ini baru minggu pertama hari pasar di bulan Ramadhan. Apalagi memasuki minggu kedua, ketiga dan ke-empat kemacetan akan lebih parah,” kata Anto salahseorang pengunjung pada Jurnal Sumbar, Kamis (1/5) siang.

Keluhan pengunjung itu sangat mendasar, selain ruas jalan sempit juga diperparah oleh banyaknya kenderaan roda empat jenis truk yang melewati jalan tersrbut.

“Seharusnya dihari pasar tersebut bagi pengendara roda empat dari dan ke Muaro dialihkan ke jalan Tapian Nanto. Atau kenderaan roda enam dari Muaro ke Tanahbadantuang dialihkan ke jalan by pass Muaro Kandangbaru,” tambah Surip salah seorang pengendara pada Jurnal Sumbar, Kamis (1/6) siang di pasar Sijunjung.

Tak terlihat anggota DLAJ yang mengatur kemacetan di ruas jalan tersebut. Untungnya terlihat dua orang anggota polisi yang turun tangan mengatur kemacetan.

Semakin sempit dan padatnya pasar tersebut sangat dibutuhkan perhatian Pemkab Sijunjung untuk pengembangan dan prmbangunan pasar termasuk pengaturan tempat parkiran dan berjualan. “Pemkab harus tanggap dalam hal ini,” tambah Surip. [Saptarius]