Pastikan Makanan Sehat, Bupati Hendrajoni Sidak di Pasar Painan

405

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan — Dua pekan menjelang Lebaran Idul Fitri intensitas dan transaksi perdagangan di Pasar Painan, masih relatif stabil. Bahkan menurut para pedagang pengunjung masih stabil dan harga bahan pokok juga belun mengalami kenaikan berarti.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni didampingi Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dan jajaran OPD hadir Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura, Kepala Dinas Koperindag dan Pasar, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Perikanan dan Asisten Ekobang, meninjau Pasar Painan.

Pada sidak tersebut BPOM mengambil sampel makanan untuk kemudian diuji labor. Keamanan dan kesehatan pangan yang dikomsumsi harus bebas bahan pengawet yang berbahaya seperti formalin.

Menurut Hendra Joni, para pedagang mesti menjaga produk makanan yang dijualnya, sehingga tidak mengandung bahan terlarang.

“Jangan sampai makanan yang dijual mengandung bahan pengawet yang tidak boleh dikomsumsi, jika masuk ketubuh justru berbahaya,” sebut Bupati, Selasa, (07/06) kepada pedagang yang menjual makanan olahan.

BPOM mengambil sampel beberapa bahan pangan yang kemudian langsung diuji dengan fasilitas mobil penguji yang dibawa tim BPOM Padang. [Wen]