Perlu Ditangani Segera, Abrasi Pantai di Muaro Kandis Punggasan Makin Menggila

1001
Bangunan sarang burung Walet milik masyarakat Muaro Kandis Punggasan terlihat mulai tergerus dihantam ombak besar

JURNAL SUMBAR | Punggasan Pessel – Perkampungan nelayan di Kampung Harapan Jaya dan Muaro Kandis, Nagari Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat porak poranda dihantam ombak besar. Bencana abrasi pantai itu sudah menghancurkan puluhan rumah, dan ratusan lainnya kini dalam kondisi terancam hancur pula.

“Bencana abrasi pantai ini sudah lama melanda daerah kami,” sebut Nurpin Dt. Bagindo Rajo, tokoh masyarakat Muaro Kandis Punggasan kepada Jurnal Sumbar, Senin sore (26/6-2017) di rumahnya. “Puluhan rumah sudah hancur dan ratusan lainnya kini terancam hancur pula,” tambahnya.

Ditambahkan Nurpin, bencana abrasi pantai itu juga sudah meluluhlantakan ratusan hektar kebun kelapa. “Sejak dihantam abrasi, bibir pantai sudah bergeser ke daratan lebih kurang empat ratus meter,” terangnya. “Kini masyarakat hidup dalam kecemasan,” tambah anggota Bamus Nagari Muaro Kandis Punggasan itu.

Nurpin yang didampingi Kamba dan Asis, dua tokoh masyarakat Punggasan itu sangat berharap segera ada upaya penanggulangannya dari pemerintah. “Insya Allah, kami akan membantu kelancaran pelaksanaan proyek nantinya,” tambahnya. “Jangan biarkan kampung kami hancur,” pintanya.

Pantauan Jurnal Sumbar di lapangan, puluhan rumah nelayan di sepanjang pantai Muaro Kandis Punggasan terlihat sudah sangat dekat dengan bibir pantai. Bahkan, beberapa di antaranya sudah mulai tergerus oleh hantaman ombak besar. Seratusan perahu payang diamankan agak jauh ke daratan.

Seperti diketahui, kini Dinas PSDA Provinsi Sumbar tengah menangani alur muara sungai Batang Punggasan yang juga sudah merusak perkampungan nelayan Muaro Kandis Punggasan. Pekerjaan yang dibiayai APBD Sumbar itu adalah menutup salah satu alur sungai, dan membuka kembali mulut muara sungai lama.

Penanganan dampak abrasi pantai tersebut adalah tindak lanjut dari janji kampanye pasangan Cagub dan Cawagub Irwan Prayitno dan Nasrul Abit yang difasilitasi tokoh muda Pessel, Novermal Yuska. Waktu masa kampanye dulu, pasangan IP-NA ini diajak berkunjung ke Muara Kandis Punggasan dan berjanji akan membantu penanganan abrasi tersebut.

Novermal Yuska yang meninjau lokasi abrasi pantai tersebut berjanji akan menyampaikan harapan masyarakat tersebut ke pihak terkait. “Insya Allah ini segera kita sampaikan kepada Kepala Dinas PSDA Sumbar,” sebutnya. “Kita juga akan minta dukungan pak Bupati Hendrajoni,” tambahnya. “Ini perlu penangan segera,” tegas Pemred JurnalSumbar.Com itu.  [Edi Suandi]