Ruas Jalan Kabupaten di Lubuktarok Amblas dan Rusak

512

JURNAL SUMBAR | Sijunjung — Tak hanya jalan provinsi dan negara yang dikeluhkan warga Sijunjung. Tapi ruas jalan kabupaten pun banyak yang rusak, bahkan ada yang amblas juga disoroti warga.

Setidaknya, kondisi ruas jalan kabupaten yang rusak dan amblas itu berada di Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung. Selain banyak yang berlobang dan bergelombag, ruas jalan kabupaten itu juga ada yang amblas.

Tak percaya? Lihat saja, ruas jalan kabupaten, perbatasan Jorong Sungaijodi-Kototuo. Sekitar panjang 5 meter dan lebar 30 cm, bahu jalan itu amblas. Jika hal itu dibiarkan, dikuatirkan kerusakan jalan hotmix itu akan semakin parah. Bahkan, ruas jalan kabupaten di joronh  Padangbasiku juga ada yang amblas.

Begitupun jalan berlobang juga cukup banyak. Mulai ruas jalan kabupaten di Jorong Padangbasiku, Rumbai, Batuajung selain rusak juga bergelombang.

Bahkan sejumlah ruas jalan kabupaten di Nagari Kampungdalam dan Nagari Buluhkasok, juga cukup banyak yang rusak. “Talong lah pak, perbaiki jalan-jalan yang rusak di daerah kami,”ujar S. Pado Putieh, kepada Jurnal Sumbar, Rabu (7/6) siang.

Kepala Dinas PU Sijunjung, Ir. Budi Syafarman, pun tak menapiknya, kerusakan jalan yang rusak itu. Menurut dia, ruas jalan kabupaten itu masuk dalam pemeliharaan jalan kabupaten. Hanya saja, anggaran untuk pemeliharaan jalan kabupaten itu anggaranya terbatas.

“Untuk tahun sekarang, anggaran pemeliharaan jalan hanya kisaran  Rp4 miliar. Itupun termasuk anggaran di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung,”kata Budi pada Jurnal Sumbar, Rabu (7/6) siang.

“Intinya, setiap jalan rusak kita perbaiki, dan itu sudah menjadi tekad Pemkab Sijunjung dalam membenahi infrastruktur di Sijunjung,” tambah Kadis PU. [Saptarius]