Berangkat 6 Agustus, 315 Orang CJH Limapuluh Kota Dipimpin Bupati Irfendi Arbi

1060
Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Syafaruddin Dt, Bandaro Rajo menyerahkan bendera daerah kepada Irfendi Arbi selaku TPHD dihadapan seluruh calon jemaah haji disaksikan anggota Forkopimda.

JURNAL SUMBAR – Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi melepas secara resmi calon jemaah haji (CHJ) Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2017. Ia berharap para calon jemaah bisa menjaga kondisi kesehatan, rasa persatuan dan disiplin.

“Pesan saya, jagalah kondisi kesehatan, agar kita bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik dan lancar. Ibadah haji membutuhkan stamina yang prima, karenanya kesehatan menjadi hal utama,” ungkap Bupati Irfendi dalam sambutannya dalam acara yang dilaksanakan di aula kantor bupati setempat, Senin (31/7).

Selain masalah kesehatan, Irfendi juga mengingatkan jemaah untuk saling membantu dan menjaga kekompakan sesama jemaah, serta mampu mengendalikan emosi dengan menghindari pertengkaran atau percekcokan sesama jemaah. Tak kalah pentingnya, disiplin dan mematuhi segala aturan yang disampaikan oleh pihak Amirul Haji, TPHD, TPIHD, Ketua Rombongan dan Ketua Regu.

Bagi jemaah yang mau pergi keluar, ujar Irfendi, jangan lakukan seorang diri, tetapi ajaklah jemaah lain dan melapor kepada ketua regu. Selain itu, ia meminta para calon jemaah senantiasa menjaga nama baik daerah dengan bertindak dan menunjukan prilaku dan sikap yang baik.

“Untuk mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan, bagi jemaah yang mau ke luar, usahakan mengajak teman satu regu dan melapor kepada ketua regu. Disamping itu, saya juga berharap kepada kita semua untuk senantiasa menjaga sikap, karena jemaah Indonesia dikenal tertib dan santun,” papar putera Koto Tangah Simalanggang itu.

Hal senada ikut dilontarkan Ketua DPRD Kabupaten Liapuluh Kota Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo. Ia juga menghimbau agar jemaah senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta disiplin.

“Saya berharap para jemaah benar-benar menampilkan rasa`persaudaraan sesama jemaah dengan saling menjaga dan membantu,” tutur Safaruddin sembari mengucapkan selamat kepada para jemaah karena keberangkatannya akan didampingi langsung oleh Bupati Irfendi Arbi selaku TPHD.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Ifkar dalam laporannya menyebut, jumlah jemaah yang berangkat dari Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 315 orang termasuk yang mutasi ke Kota Padang dan yang masuk ke daerah ini. Jemaah terbanyak berasal dari Kecamatan Harau yang berjumlah 61 orang disusul Kecamatan Guguak sebanyak 60 orang.

Dikatakan, rombongan dari daerah ini tergabung ke dalam kloter 9 yang akan masuk asrama haji di Padang pada tanggal 5 Agustus 2017 dan berangkat ke tanah suci esok harinya tanggal 6 Agutus 2017. Menariknya, biaya pemberangkatan dan pemulangan para jemaah ini bakal ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita patut bersyukur dan berterimakasih kepada Bupati, sebab biaya pemberangkatan ke Padang dan pemulangan kembali ke sini akan ditanggung oleh Pemkab Limapuluh Kota. Tidak saja biaya transportasi, Pemkab juga menanggung biaya makan jemaah,” tutur Ifkar.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan jemaah termuda bernama Rahmi Husni binti Dasril (39 tahun) asal Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh. Sedangkan jemaah tertua adalah Ramzi bin Amrin (80 tahun) asal Tanjung Balit Kecamatan Pangkalan Kotobaru.

Pada acara itu Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Syafaruddin Dt, Bandaro Rajo menyerahkan bendera daerah kepada kepada Irfendi Arbi selaku TPHD dihadapan seluruh calon jemaah haji disaksikan anggota Forkopimda.  Suwanda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here