Di Bukittinggi, Tiang Listrik Lampu Penerangan Jalan Dipasangi Papan Nama “Mulyadi” Anggota DPR RI

2729
Salah satu tiang listrik lampu penerangan jalan umum di kawasan Jam Gadang, Pasar Atas, Bukittinggi yang dipasangi papan nama Ir. H. Mulyadi, Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat.

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Rasanya hanya di Bukittinggi, provinsi Sumatera Barat tiang listrik lampu penerangan jalan dipasangi papan nama pejabat negara. Papan nama Ir. H. Mulyadi, Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat terpasang pada tiang-tiang listrik di sepanjang jalan di seputaran kawasan Jam Gadang, Pasar Atas. Keanehan tersebut jadi pertanyaan dan sorotan banyak pihak.

Pantauan Jurnal Sumbar, Jumat (7/7-2017), di sepanjang jalan di kawasan Jam Gadang, Pasar Atas Bukittinggi, setiap tiang listrik lampu penerangan jalan dipasangi papan nama seorang pejabat negara. Nama politisi Partai Demokrat, Ir. H. Mulyadi terpasang di setiap tiang listrik di kawasan tersebut. Lengkapnya tertulis, “Lampu LED Program Kerja Sama Komisi VII DOR RI Ir. H. Mulyadi dengan Kemen ESDM/Ditjen EBTKE Tahun 2016”.

“Sepertinya, papan nama ini dimaksudkan sebagai informasi kepada publik, bahwa lampu penerangan jalan tersebut buah dari perjuangan Mulyadi sebagai Anggota DPR RI untuk daerahnya,” sebut Niza, seorang pengunjung Jam Gadang asal Padang kepada Jurnal Sumbar. “Tapi, ini aneh dan bermuatan politik pencitraan,” tambahnya. “Kalau di ibadah, ini namanya perbuatan ria,” tambahnya lagi.

Tanggapan berbeda dikemukakan Cocon, pengunjung asal Pesisir Selatan. “Patut dipertanyakan, biaya pemasangan papan nama Anggota DPR RI itu dari mana?,” ujarnya. “Kalau dibebankan secara resmi ke proyek, itu bisa dikategorikan pemborosan uang negara,” tegasnya. “Kalau dibebankan ke rekanan, itu salah satu bentuk kolusi yang patut diusut secara hukum,” tambahnya. “Karena, itu menguntungkan pejabat tersebut karena jabatannya,” tegasnya lagi.

“Sudah banyak daerah yang saya kunjungi, baru di sini ada tiang listrik lampu penerangan jalan yang dipasangi papan nama pejabat,” timpal Ujang teman Cocon.

Hingga berita ini diturunkan, Jurnal Sumbar belum mendapat konfirmasi dari Ir. H. Mulyadi, Anggota DPR RI yang dimaksud. Beberapa pihak yang dimintai informasi nomor kontak yang bersangkutan mengaku tidak punya. Seorang petinggi Partai Demokrat Sumbar yang dihubungi, ponselnya lagi tidak aktif. Jurnal Sumbar akan terus berupaya mendapatkan konfirmasi dari yang bersangkutan, dan akan menayangkannya pada kesempatan pertama. Enye