Kenalkan Teknologi ke Masyarakat, Bupati Irfendi Arbi Apresiasi Kegiatan Mahasiswa KKN Unand

453
Bupati Irfendi Arbi meninjau kegiatan praktek teknologi pertanian dan peternakan dari mahasiswa KKN Unand di Jorong Kociak Kenagarian Situjuah Gadang

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) di Kenagarian Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Sebab, para calon intelektual itu telah mengenalkan berbagai teknologi pertanian dan peternakan ke tengah masyarakat setempat.

“Mahasiswa KKN Unand di Kenagarian Situjuah Gadang patut diacungi jempol. Sebab, selama keberadaannya di nagari ini tidak sedikit teknologi yang telah mereka kenalkan kepada petani dan peternak setempat,” ungkap Bupati Irfendi ketika meninjau kegiatan KKN Unand di Jorong Kociak Kenagarian Situjuah Gadang.

Menurut Irfendi, kehadiran mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu itu mestinya benar-benar dimanfaatkan masyarakat buat membenahi usaha ekonomi yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan peternak. Begitu pula dengan mahasiswa, hendaknya betul-betul menerapkan tri darma perguruan tinggi selama di tempat KKN.

“Kita berharap agar masyarakat antusias mengikuti praktek pembuatan pupuk kompos, silase (pengolahan hijauan makanan ternak), pestisida nabati dan sebagainya yang dilaksanakan mahasiswa KKN di nagari ini,” ujar Irfendi.

Ketua mahasiswa KKN Kenagarian Situjuah Gadang Fajri Ardan Zakri yang dimintai tanggapannya mengaku sangat gembira dan merasa begitu spesial mendapatkan kunjungan Bupati.

“Kami merasa sangat gembira dikunjungi dan disuport langsung oleh bupati. Kami merasa berbagai demonstrasi teknologi pertanian dan peternakan yang kami praktek hari ini mendapat dukungan dari bupati, sehingga masyarakat juga menjadi antusias dengan teknologi yang kami kenal itu,” tutur Fajri.

Selain menyaksikan langsung praktek teknologi pertanian dan peternakan, pada kesempatan turun ke jorong di pinggang Gunung Sago itu Bupati Irfendi juga mengunjungi dan memberikan bantuan beras bagi sejumlah warga miskin. Sejumlah warga mengaku sangat gembira dan berterimakasih kepada bupati.

“Ambo doakan pak bupati semoga selalu sehat, panjang umur dan sukses,” ungkap lansia miskin Kasima (80) ketika menerima bantuan beras dari Bupati Irfendi. Ucapan serupa juga terlontar dari mulut lansia lainnya seperti Mainar (75) dan Siju (80) yang ikut mendapatkan bantuan beras siang itu. Relis/Suwanda