KKN di Aie Salo Pasaman, 28 Mahasiswa Unand Antusias Membaur dengan Masyarakat

596
Mahasiswa Unand KKN poto bersama di sela-sela kegiatan KKN-nya di Air Salo, Pasaman.
JURNAL SUMBAR | Pasaman – 28 orang mahasisa Universitas Andalas (Unand) Padang praktek kerja lapangan (PKL) di jorong Petok, nagari Aie Salo, kecamatan Panti, kabupaten Pasaman. Mahasiswa yang berasal dari sejumlah fakultas seperti Fakultas Hukum, Kedokteran, Farmasi,Kesehatan Masyarakat,Teknik Lingkunjan,Teknik Sipil, Antropologi, Peternakan dan Pertanian dan lainnya melakukan PKL selama 40 hari yang dimulai sejak pekan lalu.

Intan Nilam Sari, mahasiswi Fakultas Hukum yang merupakan salah seorang peserta PKL mengaku mendapat pembelajaran berharga selama mengikuti kegiatan dimaksud. ‘Yang paling menyenangkan antara lain bisa berbaur lansung dengan Masyarakat,” kata Puteri. “Asyik juga menyalami masyarakat di sini,” tambahnya.

Selama berada di tengah masyarakat desa, para pelanjut estafet kepemimpinan bangsa itu terlibat dalam berbagai kegiatan. Antara lain, mengunjungi Candi yang berada di kawasan itu. Selain itu juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosial bersama masyarakat setempat.

Diantara kegiatan sosial yang dilakukan adalah bergotong royong membersikan lingkungan, membersikan rumah peribadatan, dan sarana serta prasarana pendidikan yang ada di kenegarian itu. “Kita menangkap antusiasme masyarakat yang cukup tinggi untuk membantu kegiatan kami,” kata Intan yang berasal dari Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Pada Senen (10/7) lalu, kegiatan PKL ke-28 mahasiswa Unand itu dikunjungi oleh pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman. Dalam kesempatan itu, para mahasiswa mendapat sejumlah pembekalan yang berharga, terutama dalam menyelesaikan kegiatan PKL yang tersisa beberapa hari lagi. relis/syf