Liburan Lebaran, Pesisir Selatan Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

1189
Pantai Sumedang di Balai Selasa, kecamatan Ranah Pesisir kini jadi salah satu destinasi wisata favorit di Pesisir Selatan.
JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Promosi wisata yang dilakukan pemerintah daerah Pesisir Selatan membuahkan hasil. Keberhasilan itu terlihat pada libur Lebaran tahun ini, dimana Pessel menjadi incaran para pemudik guna menghabiskan waktu liburan pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Di sejumlah objek-objek wisata andalan daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona dipenuhi para wisatawan. Seperti Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh yang booming belakangan ini dan pantai Carocok yang terletak di jantung kota Painan, dan tempat-tempat wisata lainnya juga diserbu oleh para pelancong.

Jalan utama yang menghubungkan kota Padang dengan Pesisir Selatan beberapa hari ini macet total. Kemacetan itu terlihat mulai dari pagi hingga sore hari. Hotel dan penginapan pun di Pessel tidak mampu menampung wisatawan yang pada tahun ini meningkat berkali-kali lipat.

Bahkan Kepala Dinas Pariwisata Pessel Zefnihan mengklaim bahwa daerahnya mendapat kunjungan wisatawan terbesar di Sumatera Barat. Menurut Zefnihal, kedatangan wisatawan ke Pesisir Selatan mencapai 100 ribu orang.

“Puncak kunjungan wisata ke Pantai Carocok dan Mandeh serta tempat wisata lainnya diperkirakan pada H+1 sampai H+10 nanti. Sebagai upaya, Dinas Pariwisata akan bekerja sama dengan seluruh instansi terkait dalam pengaturan di lokasi wisata,” jelasnya.

Keberhasilan Pessel dalam mendatang puluhan ribu wisatawan pada libur lebaran tahun ini tidak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan pemda setempat satu tahun belakangan ini.

Pessel dibawah kepemimpinan Bupati Hendrajoni dan instansi terkait mengenalkan objek-objek wisata Pessel lewat berbagai media. Dari media cetak, elektronik sampai social media mereka terlibat aktif.

Namun Hendrajoni tidak pula jumawa, dia menuturkan akan terus mengembangkan dan mempromosikan objek-objek wisata yang telah ada dan belum dikenal ke masyarakat luas.

Dia pun berjanji akan membenahi segala infrastruktur pariwisata dan melakukan evaluasi menyeluruh terkait dengan masukan, kritikan dan kelemahan daerahnya agar Pessel pada tahun depan, dan selanjutnya siap menampung para wisatawan yang berlibur dengan fasilitas dan layanan maksimal.

“Tahun ini akan jadi pelajaran bagi kita semua dan akan kita evaluasi untuk kita tingkatkan nantinya. Baik sarana dan pra sarana, layanan dan membangun fasilitas lainnya agar wisatawan yang berkunjung nyaman dan tenang, serta akan menjadikan Pessel menjadi tempat wisata paling favorit,” ucap Hendrajoni. Jef