Lomba Desa dan Kelurahan 2017, Nagari Sungai Nyalo Pessel dan Kelurahan Tanah Lapang Sawahlunto akan Dinilai Tim Kemendagri

1152
Syafrizal Ucok

JURNAL SUMBAR | Padang – Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawah Lunto lolos ke Tingkat Regional Wilayah I Tahun 2017, Lomba Desa dan Kelurahan yang diadakan Kementerian Dalam Negeri.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Drs. H. Syafrizal Ucok, MM kepada Jurnal Sumbar di Padang, Selasa (18/7-2017). “Penilaian klarifikasi lapangan akan dilakukan pada tanggal 20 sampai 22 Juli ini,” ujarnya.

Dikatakan Syafrizal, mekanisme klarifikasi lapangan penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Wilayah I Tahun 2017 tersebut adalah, penilaian klarifikasi lapangan pada lima desa dan lima kelurahan tingkat regional, yaitu peringkat tertinggi hasil penilaian administrasi.

“Dalam rangka sinergisitas serta menjaga objektifitas, transparansi dan akuntabilitas dalam penilaian, waktu penilaian di lokasi klarifikasi akan dihadirkan pejabat OPD provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, serta LPM, BPD, TP PKK dan masyarakat, termasuk lembaga kemasyarakatan,” jelas Syafrizal.

Ditegaskannya, untuk efektifitas waktu dan tujuan penilaian, nagari dan kelurahan yang diklarifikasi diminta tidak menampilkan acara penyambutan yang berlebihan. “Karena, acara penyambutan tidak menjadi bagian dari penilaian,” tegas Syafrizal yang juga menjabat Ketua DPW IKPS Sumbar itu.

“Kita berharap Nagari Sungai Nyalo Pessel dan Kelurahan Tanah Lapang Sawahlunto bisa mewakili Regional Wilayah I ke Tingkat Naional,” harapnya. “Dan, kita berharap satu di antaranya bisa menjadi Juara Nasional,” harap Birokrat yang digadang-gadang bakal mendampingi Wako Mahyeldi di Pilkada Padang 2018 mendatang itu.

Seperti diketahui, guna menghadapi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2017, Pemkab/Pemko Se Sumbar mengadakan lomba tingkat daerahnya masing-masing. Pemenangnya dinilai oleh Pemprov Sumbar untuk mewakili Sumbar di Tingkat Regional. Selanjutkan, pemenangnya akan bertarung di Tingkat Nasional. Enye