Padangsibusuk Membara, Tim Damkar Sijunjung Cepat Tanggap Padamkan Kebakaran Hutan

1084
Petugas Damkar dan BPBD serta polisi dan warga Sijunjung bahumembahu padamkan api karhutla di Padangsibusuk.

JURNAL SUMBAR | SIJUNJUNG – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Sijunjung, Sumbar. Kali ini Karhutla membara di Jorong Kapalo Koto, Nagari Padangsibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung.

Kejadian Karhutla itu bertepatan pada saat warga akan menunaikan sholat subuh, pada Jumat (28/7/2017), sekitar pukul 04.30 WIB. Lokasi Karhutla juga berbatasan langsung dengan Desa Muarokalaban, Kota Sawahlunto.

Karhutla pertamakali dilihat Darmis (82 th), yang bertepatan rumah saksi mata berada di depan lokasi tempat kejadian peristiwa (Karhutla). Melihat api mulai membara, saksi langsung melaporkan kepada kepala jorong setempat.

Tak beberapa lama kepala jorong pun melaporkan peristiwa Karhutla pada Polsek Ampeknagari. Seketika jajaran Polsek  di bawah komando AKP. Anton Kusuma Jaya, SH lansung tiba di TKP dan tak beberapa lama jajaran Polres Sijunjung bersama anggota BPBD dan anggota Damkar Sijunjung pun tiba di lokasi sekitar pukul 05.10 WIB.

Berbagai upaya dan kerja keras polisi, anggota BPBD serta anggota Damkar di bawah komando Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Sijunjung, Masharyanto serta Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan, serta saling bahumembahu dengan warga setempat berupaya memadamkan sijago merah.

“Sekitar pukul 08.20 WIB, api baru bisa dijinakan. Peristiwa Karhutla tidak ada korban jiwa maupun korban matrial, yang terbakar hanya semak belukar,” kata Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum, kepada Jurnal Sumbar, Jumat (28/7/2017) siang. Kapolres tak merinci dari mana sumber api.

Namun kuat dugaan api berasal dari serpihan puntung rokok, karena lokasi Karhutla juga berada persis di kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Saptarius