Pelatihan Kepemimpinan, Bupati Yuswir Arifin Minta Perempuan Sijunjung Bisa Jadi Teladan Bagi Generasi Penerus

306
Bupati Sijunjung membuka secara resmi pelatihan kepemimpinan perempuan.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Yuswir Arifin, mengatakan, perempuan dilatih sebagai peminpin supaya bisa diteladani dan menjadi contoh bagi organisasi perempuan.

“Dengan adanya pelatihan kepemimpinan bagi perempuan yang bersertifikasi, maka diharapkan perempuan juga bisa menjadi contoh di organisasi,” kata Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di hadapan 200 peserta pelatihan kepemimpinan, yang berlangsung di ruang pertemuan Balairung, kantor bupati setempat, Selasa (25/7/2017) pagi.

Bupati Yuswir Arifin, berharap, dengan adanya pembekalan kaum perempuan sebagai pemimpin, diharapkan bisa membawa masyarakat lebih baik, terutama dalam membina rumah tangga.

“Yang perlu diawasi anak-anak, apalagi pengaruh IT, dan narkoba sangat besar pengaruhnya. Disini dibutuhkan kepemimpinan ibu-ibu sebagai pemimpin,” kata Bupati Yuswir Arifin.

“Kayak mau ikut ujian saja. Jangan terlalu serius buk. Perempuan harus bangga. Buk Yus ini (Yusnidarti Ketua DPRD), satu-satunya perempuan yang memimpin kaum laki-laki di DPRD Sijunjung,” ucap Bupati Yuswir Arifin ketika mengawali sambutannya.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Sijunjung, Ahmatullah, dalam laporannya menyebutkan, pelatihan tersebut diikuti 204 peserta.

Perempuan yang ikut tersebut terdiri dari, organisasi perempuan 93 orang, TP PKK Kecamatan, Ketua DWP Kecamatan, Bundo Kandung Kecamatan, masing-masing 8 orang. Selain itu ketua TP PKK se-kabupaten 62 orang dan ibu kader perempuan se-Kabupaten Sijunjung 25 orang.

Nara sumber pelatihan kepemimpinan bagi kaum perempuan itu, Dr. Ulfa dosen fakultas dakwah dari IAIN IB Padang, Asisten II Setdakab Sijunjung, Ketua DPRD Yusnidarti, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Saptarius