Pilkada Padang, Syafrizal Ucok Berpeluang Besar Jadi Cawawako Mahyeldi

2409
Syafrizal Ucok

JURNAL SUMBAR | Padang – Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, Drs. H. Syafrizal, MM disebut-sebut perpeluang besar damping Walikota Mahyeldi Ansharullah di Pilkada Padang 2018 mendatang. Pasalnya, selain pengalaman birokrasi dan jaringannya, Syafrizal yang akrab disapa Ucok itu juga punya banyak dukungan politik.

Dari berbagai sumber menyebutkan, pengalaman birokrasi Ucok akan sangat mendongkrak dukungan kepada Mahyeldi di Pilkada Serentak 2018 nanti. Ucok pernah jadi Wakil Bupati Pessel, Pj Bupati Dharmasraya dan Pj Bupati Menrtawai. Selain itu, Ucok juga masak di banyak OPD-OPD pemerintah kabupaten dan provinsi.

Tak hanya itu, Ucok juga banyak pengalaman di organisasi sosial kemasyarakat. Ucok pernah menjadi Ketua FKPPI Sumbar, Ketua PBSI Sumbar, dan Ketua DPW IKPS Sumbar. Ucok juga seorang datuk dan pernah jadi pengurus di LKAAM Sumbar. Pengalaman organisasi Ucok juga akan menyempurnakan dukungan masyarakat kepada pasangan Mahyeldi-Sayafrizal kalau jadi berpasangan.

Yang tak kalah penting adalah, Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Dt. Nan Batuah itu memang bertuah. Ucok dikenal dekat dengan banyak petinggi partai politik, baik di tingkat Sumbar maupun nasional. Kini Ucok sangat mesra hubungannya dengan Ketua Hanura Sumbar, Marlis dan Ketua PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman. Kalau PKS setuju, Pasangan mahyeldi-Syafrizal diyakini akan didukung Hanura dan PDI Perjuangan.

Bukan Hanura dan PDI Perjuangan saja, Ucok juga punya akses ke Partai Gerindra. Sesama warga IKPS, Ucok dan Ketua Gerindra Sumbar yang juga Wagub Sumbar, Nasrul Abit juga sama saling membutuhkan. Ucok perlu dukungan Gerindra untuk maju di Pilkada Padang, dan Nasrul Abit juga butuh dukungan Ucok sebagai Ketua IKPS Sumbar untuk maju di Pilgub Sumbar nanti.

Banyak pihak memperkirakan, pasangan Mahyeldi-Syafrizal akan mendapatkan dukungan luar biasa dari warga kota Padang. Prestasi Mahyeldi membenahi kota Padang akan terdongkrak dengan dukungan warga IKPS serta jaringan dan pengalaman birokrasi Syafrizal Ucok. Diyakini pasangan ini akan dengan mudah mengalahkan pasangan Emzalmi-Desri Ayunda dan pasangan lainnya.

Terkait peluang tersebut, Syafrizal Ucok yang dikonfirmasi Jurnal Sumbar via ponselnya tidak mau berkomentar banyak. “Saya sangat tersanjung dan mendapat kehormatan yang luar biasa dengan peluang ini,” sebutnya, Senin malam (17/7-2017). “Tapi, belum terpikirkan oleh saya untuk maju di Pilkada Padang,” tambahnya. “Walau demikian, kalau masyarakat benar-benar menghendakai, kenapa tidak,” tutupnya. Enye