Sediakan Ambulan Gratis, Bupati Irfendi Arbi Apresiasi Kepala Jorong Panjaringan Bukik Limbuku

222
Bupati Irfendi Arbi melihat langsung ambulan gratis jorong Panjaringan yang berasal dari mobil pribadi kepala jorong.

JURNAL Sumbar | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi buah tangan Kepala Jorong Panjaringan, Kenagarian Bukik Limbuku, Kecamatan Harau. Kepala Jorong itu menyediakan ambulan gratis bagi warganya. Inovasi sosial itu patut ditiru nagari dan jorong lainnya.

“Ambulan gratis yang disediakan Kepala Jorong Panjaringan sangat patut diacungi jempol. Kegiatan sosial yang menjadi inovasi Kepala Jorong Panjaringan, Ujang (55) itu hendaknya ditiru oleh kepala jorong atau wali nagari lain,” ungkap Bupati Irfendi ketika melihat langsung ambulan yang berasal dari mobil pribadi Ujang.

Sejak mobil ambulan tersebut ada,,masyarakat yang tertimpa musibah, sakit dan meninggal dunia tidak perlu khawatir lagi kesulitan mendapatkan pelayanan. Sebab, mobil pribadi jenis Honda Jazz milik kepala jorong yang sudah disulap jadi ambulan itu siap melayani selama 24 jam tanpa pungutan bayaran.

Lebih lanjut Irfendi mengatakan, ini bagian dari pelayanan bagi masyarakat. Dengan adanya ambulan di jorong tersebut, tentunya setiap warga yang membutuhkan bisa dengan segera mendapatkan pelayanan. Lebih menggembirakannya, layanan bisa didapatkan secara gratis, khususnya buat warga miskin.

“Ini ide cemerlang yang perlu ditularkan pada nagari atau jorong lain. Kita mengapresiasi dan berterimakasih kepada pak Ujang,” ulang Irfendi.

Dengan adanya ambulan jorong ini, setiap warga yang tertimpa musibah atau sakit yang membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit atau puskesmas dapat ditangani secara cepat.

“Hebat sekali, setiap warga yang membutuhkan ambulan itu tinggal menghubungi kepala jorongnya. Mobil unit bidang kesehatan ini jelas sangat membantu warga,” tutur Irfendi yang dianggukan sejumlah warga Penjaringan.

Putera Koto Tangah Simalanggang itu menyebut, kepala jorong selaku perangkat nagari diharapkan terus berinovasi di segala bidang termasuk di bidang sosial seperti ambulan gratis tersebut.

Sebelumnya Kepala Jorong Panjaringan Ujang kepada Bupati Irfendi mengaku berinisiatif menjadikan mobil pribadinya menjadi mobil unit ambulan menyikapi fenomena kesulitan warga yang mengalami sakit parah atau emergensi mendapatkan ambulan buat mengantarnya ke rumah sakit atau puskesmas. Ide tersebut disambut positif masyarakat, karena faktanya selama ini mereka memang tidak mudah mendapatkan layanan  ambulan.

“Saya memutuskan menjadikan mobil pribadi saya menjadi ambulan karena ini merupakan salah satu kebutuhan warga kami,” ungkap Ujang. Suwanda