Supaya Profesional, Akuntabel dan Transparan, Bupati Irfendi Arbi Kembali Luncurkan Klinik Keuangan Nagari

284
Bupati Irfendi Arbi gunting pita persmian Klinik Keungan Nagari di Kecamatan Guguak.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi kembali meresmikan Klinik Keuangan Desa/Nagari di kabupaten Limapuluh Kota. Kali ini, peluncuran Klinik Keuangan Desa/Nagari itu dilakukan di Kantor Camat Guguak, Jumat (21/7).

Pada kesempatan itu, hadir Camat Guguak, Fiddria Fala, walinagari se kecamatan guguak, kepala-kepala OPD beserta tamu undangan lainnya. Dalam kesempatannya, Bupati Irfendi Arbi menegaskan, dana desa/nagari harus dikelola secara profesional, akuntabel dan transparan.

“Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan klinik keuangan nagari, agar penggunaan anggaran tepat sasaran, tertib administrasi dan sesuai aturan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga meminta agar seluruh nagari nantinya dapat mengelola keuangannya secara berhati-hati, sesuai dengan standar operasional prosedur sehingga tidak menimbulkan persoalan hokum di kemudian hari.

“Saya tak ingin, nanti ada yang bermasalah dengan dengan hukum, ini berat, semuanya melihat pekerjaan kita. Bikinlah sistemnya, managemennya, gunanya adalah untuk mempertanggungjawabkan segala yang menyangkut urusan tentang keuangan nagari,” sebutnya.

Menurutnya, dengan  pengelolaan dana desa/nagari yang baik, diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat di nagari. Ia juga menekankan agar penggunaan dana desa disesuaikan dengan skala prioritas masing masing nagari sesuai kebutuhan dan permasalahannya yang dihadapi.

“Nanti jika ada permasalahan yang ada di nagari pihak pemerintah nagari dapat melakukan konsultasi dan koordinasi dengan klinik keungan nagari. Terpenting, pihak nagari tidak perlu ragu berkoordinasi dengan klinik keuangan ini,” sebutnya.

Sementara itu Camat Guguak, Fiddria Fala dalam sambutannya mengatakan, Klinik Keuangan Nagari/Desa merupakan suatu wadah yang bertujuan untuk menampung aspirasi Aparatur Nagari supaya admintrasi di nagari berjalan lancer, sehingga pembangunan dan pemberdayaan nagari dapat dilaksanakan dengan efisien dan tepat sasaran.

“Klinik ini merupakan wadah yang bertujuan untuk menerima aspirasi dari perangkat nagari, supaya tercipta pembangunan nagari yang bersih, efisien dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, bupati Irfendi Arbi juga meminta agar seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota untuk segera membuka klinik-klnik keuangan nagari di masing-masing daerahnya. “Kita ingin seluruh nagari yang ada mememiliki Klinik Keuangan nagari,” sebutnya.

Sebelumnya, Irfendi  juga pernah meluncurkan klinik keuangan ini di Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh. Suwanda