Wagub Nasrul Abit Bahas Pembangunan Sumbar dengan Wamen ESDM

395

JURNAL SUMBAR | Jakarta — Kamis pagi, 13 Juli 2017, Wagub Sumbar H. Nasrul Abit diterima khusus oleh Wamen ESDM, Archandra Tahar di tuang kerjanya untuk membahas permasalahan, sekaligus usulan dan perioritas Provinsi Sumbar terkait bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, seperti masalah kelistrikan, dan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH)

Wagub menyampaikan kepada Wamen ESDM tentang daerah di Sumbar yang belum teraliri listrik, seperti di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan tentang permasalahn seputar Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro.

Diluar permasalahan ESDM, Wagub Sumbar dan Wamen ESDM juga mendiskusikan topik-topik yang akan dibahas pada Rapat Terbatas Provinsi Sumbar dengan Presiden RI, seperti pembangunan Tol Padang – Pekanbaru, Jalan Padang – Bukittinggi (Relokasi Koto Baru, Padang Panjang, Pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang, Trans Mentawai, dan Bandar Udara Rokot.

Turut dibahas pada pertemuan tersebut adalah tentang solusi pengerukan Sedimentasi Danau Maninjau. Wamen Archandra menjelaskan berbagai opsi yang memungkinkan untuk mengatasi sedimentasi di Danau Maninjau. Disinggung pula kerjasama Balitbang Kementerian ESDM dengan Unand dalam pembangunan PLTMH. [relis]