20 Agustus, 50 Siswa SLTA Se Sumbar Unjuk Kebolehkan Berpantun di Tugu Merpati Perdamaian Padang

Pantun Terbanyak, Gubernur Irwan Prayitno Raih Rekor MURI

410
Panitia festival pantun tingkat SLTA Se Sumbar saat jumpa pers di Padang, Senin (14/8-2017).

JURNAL SUMBAR | Padang – Guna meningkatkan kualitas berbahasa dan bersastra Indonesia dengan berpantun, serta membudayakan pantun di tengah masyarakat, Event Organizer (EO) Kreasi gelar Festival Pantun Tingkat SLTA Se Sumatera Barat. Festival pantun dengan tajuk “Pantun Spontan ala Irwan Prayitno” itu digelar melalui email tanggal 10 Juli sampai 10 Agustus 2017.

“Alhamdulillah, respon generasi muda sangat baik,” sebut Ketua Panitia Festival Pantun ala Irwan Prayitno, Adek Hendri Hasan pada jumpa pers di Padang, Senin siang (14/8-2017). “Jumlah peserta 871 orang, dan setelah dinilai, 50 finalis akan kita tampilkan unjuk kebolehan berpantun di Tugu Merpati Perdamaian di Padang pada hari Minggu tanggal 20 Agustus nanti,” jelasnya.

Adek Hendri Hasan yang menerbitkan buku Pantun Spontan ala Irwan Prayitno itu menjelaskan, pada final nanti, finalis akan diminta membuat pantun seketika dengan tema ditentukan oleh dewan juri dan dengan waktu tertentu. “Ya, seperti pak Irwan Prayitno buat pantun di suatu acara,” jelasnya.

“Panitia disupport beberapa sponsor menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp35 juta. 5 terbaik I masing-masing mendapat Rp3 juta, 5 terbaik II Rp2 juta dan 10 terbaik III Rp1 juta,” terang Adek Hendri lagi. “Seluruh finalis juga diberi uang transportasi,” tambahnya.

Ditambahkannya, final fesival pantun tersebut akan dihardiri oleh Gubernur Irwan Prayitno. “Dihimbau masyarakat Sumbar untuk hadir memeriahkan acara budaya tersebut,” himbaunya. “Dikesempatan itu, pak Irwan Prayitno juga akan menerima sertifikat rekor MURI sebagai Kepala Daerah Pencipta Pantun Terbanyak,” tambahnya. “Juga ada penyerahan sertifikat HAKI atas paten buku Pantun Spontan ala irwan Prayitno,” tambahnya lagi.

Ketua Dewan Juri, Taufik Efendi menambahkan, festival pantun tersebut adalah langkah awal membudayakan kembali pantun di tengah masyarakat. “Kita berharap pantun kembali membudaya di tengah masyarakat,” harapnya. “Hampir 10 ribu pantun kiriman 871 peserta yang kita nilai, dan 50 peserta akan kita uji kebolehnannya pada final 20 Agustus mendatang,” tambah Kadis Kebudayaan Sumbar itu. Enye