Buka Bintek IKU, Bupati Yuswir: Laporan Kinerja OPD Harus Terukur

311
Bupati Yuswir Arifin buka bintek IKU bagi pejabat OPD Sijunjung di Padang.

JURNAL SUMBAR | Padang – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin membuka secara resmi bimbingan teknis  (bimtek)) penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi kepala OPD, Kepala Bagian dan staf yang membidangi urusan pelaporan kinerja di salah satu hotel di kota Padang, Kamis,  (10/8/2017) malam.

Ikut hadir pada pembukaan bimtek itu, Plt. Sekdakab Sijunjung, Adlis, SE, MT, Asisten II Setdakab, dr. Edwin Suprayogi dan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Gita Aurora.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, bimtek IKU ini erat kaitannya dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Kegiatan bimtek IKU ini berkaitan dengan RPJMD,” kata Bupati Yuswir Arifin di hadapan peserta.

Apalagi, sambung Bupati, RPJMD Kabupaten Sijunjung telah disusun, maka setiap OPD di lingkungan Pemkab Sijunjung wajib menyusun IKU yang nanti erat kaitannya dengan penilaian kinerja dan laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP).

Ia menambahkan, apa yang dilaksanakan OPD harus terukur sebagai salah satu upaya dalam memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Sejauh ini, sebut bupati, nilai akuntabilitas Kabupaten Sijunjung masih mendapatkan nilai C. “Kedepan diharapkan akuntabilitas Pemkab Sijunjung terus naik peringkat. Kuncinya tentu diawali dengan perencanaan yang baik,” jelasnya.

Kepala Bagian Organisasi Setdakab, Nanung Margono menyebutkan, bimtek IKU diikuti 90 peserta dari pejabat eselon II, III dan staf yang membidang urusan pelaporan kinerja.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dalam penyusunan IKU sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Bimtek selama tiga hari itu menghadirkan narasumber dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi, Gita Aurora, MPA dan dari Pemerintah Provinsi Sumbar, Devli Agustina, SE. Humaskab Sijunjung