Cegah Masalah Sosial, Wabup Ferizal Ajak Kaum Muda Aktif di Pramuka

238
Wabup Ferizal bersama kontingen Pramuka Limapuluh Kota di Jambore Nasional tahun lalu di Cibubur Jakarta.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama dengan Kwartir Cabang Pramuka setempat, menggelar upacara Peringatan Hari Pramuka ke-56. Kegiatan kepanduan tersebut dilakukan di halaman Kantor Camat Harau, Tanjung Pati, Senin(14/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Ferizal Ridwan dan dihadiri Camat Harau, Deki Usman, Ketua Pembina Pramuka, Zulhikmi Dt Rajo Suaro beserta anggota, serta puluhan anggota pramuka dari sekolah Se Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambuatan, Wabup Ferizal Ridwan mengatakan, dengan momen peringatan hari Pramuka dapat membulatkan tekad untuk lebih memacu perkembangan gerakan Pramuka di Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, saat ini peranan gerakan Pramuka dalam pembinaan kaum muda di tanah air sangatlah penting.

“Maraknya kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, hubungan seksual di luar nikah, perkelahian remaja serta berbagai modus-modus kejahatan saat ini, akan menggiring generasi muda kepada kondisi yang menghancurkan. Disinilah peranan gerakan Pramuka sebagai wadah pembentuk prilaku yang positif sangat menentukan,” ujarnya.

Dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang dan edukatif, inovatif dan rekreatif, kaum muda tidak hanya terhindar dari pelbagai masalah social, tapi juga dapat berperan aktif dalam turut mencegah tersebar luasnya masalah sosial di kalangan kaum muda.

Lebih lanjut Ferizal menuturkan, masalah bangsa dan bernegara di kalangan kaum muda menjadi hal yang sangat perioritas saat ini, hal itu dibuktikan dengan melemahnya semengat kebangsaan, longar dan rapuhnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta minimnya tekad bela negara.

“Salah satu contoh, saat ini para pemuda kita banyak yang tidak lagi mengenal para pejuang negeri dan bangsanya,” jelasnya.

Dikatakannya, gerakan Pramuka dalam membina kaum muda sangat signifikan kaitannya dengan penanaman semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan indonesia, melalui  keterlibatan secara aktif dalam berbagai kegiatan kepramukaan akan dapat dibentuk kaum muda yang tidak hanya memiliki semangat kebangsaan yang tinggi, tetapi juga tekad bela negara yang mantap.

“Dalam semangat kebersamaan tersebut sungguh sangat tepat  tema peringatan hari pramuka tahun ini, bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa, dengan demikian kita berharap dan berusaha secara maksimal  mulai dari gugus depan sebagai ujung tombak pembinaan kau muda, sehingga upaya ini dapat mengahasilkan kaum muda yang tinggi semangat kebangsaannya,” ungkapnya.

Melalui Peringatan Pramuka ke 56 ini, Ferizal Ridwan mengajak untuk bersungguh-sunguh menyelenggarakan pendidikan nilai dalam rangka pembentukan karakter, watak, kepribadian dan pekerti kaum muda dan bersungguh-sungguh dalam menyelenggarakan pendidikan kecekapan hidup bagi kaum muda indonesia.

“Sesungguhnya mengikuti pendidikan formal saja di sekolah tidaklah cukup, karena itulah kami mengajak kaum muda untuk segera bergabung serta aktif pada berbagai organisasi, salah satunya gerakan Pramuka,” pungkasnya. Suwanda