Delapan Sekretaris Nagari Se Sijunjung Dinilai Tim Kompetensi

207

Sekrataris Nagari Dinilai Tim Kompetensi Seknag Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Delapan Sekretaris Nagari (Seknag) utusan dari delapan kecamatan ikuti penilaian kompetensi Sekretaris Nagari tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2017.

“Saat ini sedang dilakukan penilaian. Penilaian dimulai Senin (28/8/2017), dan berakhir, Kamis (31/8/2017),” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Syukri, Rabu (30/8/2017).

Delapan Sekretaris Nagari tersebut, yakni Sekretaris Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus, Sekretaris Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, Sekretaris Nagari Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari, Sekretaris Nagari Batu Manjulur Kecamatan Kupitan.

Kemudian, Sekretaris Nagari Lubuk Tarantang Kecamatan Kamang Baru, Sekretaris Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang, Sekretaris Nagari Durian Gadang Kecamatan Sijunjung dan Sekretaris Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuk Tarok.

Kompetensi Seknag ini merupakan agenda rutin. Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan tingkat provinsi. Di tingkat kabupaten, tim penilai kompetensi Sekretaris Nagari berjumlah tiga orang, dipimpin Asisten I Setdakab, Irwandi, dengan anggota Roni Satria, Kepala Bidang PIAK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  dan Darmendra, arsiparis  dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dalam penilaian tersebut, sambung dia, ada tiga aspek yang menjadi pertimbangan tim penilai, yakni berupa aspek penyelenggaraan pemerintahan dan aspek penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dan penyimpanan arsip di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

“Penyimpan arsip yang baik dan rapi serta sesuai dengan aturan juga menjadi pertimbang tim penilai,” jelasnya. azt/humaskab Sijunjung