Di Limapuluh Kota, Pawai Obor dan Parade Bedug Meriahkan Idul Adha

224

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, Jumat (1/9) mendatang, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali melaksanakan kegiatan pawai obor dan parade bedug yang dipusatkan di kantor bupati, Bukik Limau Sarilamak.

Rencananya, pada malam takbiran itu, ratusan anak nagari di Kenagarian Sarilamak bakal mengikuti kegiatan ini. Hal ini, diungkapkan dalam rapat teknis pelaksanaan Idul Adha di Masjid Surau Gadang Kunci Loyang Sarilamak, Senin (28/8).

Rapat ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Kesejahtraan Rakyat, Arwital. Ikut hadir, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis, Walinagari Sarilamak, Olly Wijaya, Kepala Bagian Humas dan Pemberitaan, Joni Amir, beserta peserta rapat teknis lainnya.

Dalam arahannya, Arwital menyebutkan pada malam takbiran nanti seluruh rangkain kegiatan telah disiapkan guna memeriahkan malam takbiran itu di Kantor bupati Sarilamak. “Dalam kegiatan pawai obor nantinya akan diikuti ratusan anak nagari Sarilamak, dijadwalkan peserta pawai bakal dimulai di Masjid Nurul Ikhlas Sarilamak kemudian dilanjutkan memutari Kawasan Komplek Kantor bupati Sarilamak,” ujarnya.

Usai penggelaran pawai obor, selanjutnya diikuti dengan parade bedug yang bakal digelar di Halaman Masjid Surau Godang Kunci Loyang, Masjid Komplek Kantor bupati Sarilamak. Nantinya warga akan menyaksikan berbagai atraksi bedung dari putra-putra terbaik di Limapuluh Kota.

“Diharapkan semua pihak, nantinya turut serta mendukung bersama-sama dalam mewujudkan suksesnya pelaksanaan malam takbiran ini,” harapnya.

Dalam rapat teknis itu, shalat Hari Raya Idul Adha 1438 tahun 2017 ini bakal dipusatkan di Halaman kantor bupati Sarilamak. Direncanakan Khatib dalam Shalat Id itu yakni, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Pasaman, H Syafrizal S.S S. dan Imam shalat direncanakan H Asfar Harmidi.

“Kita himbau masyarakat dalam pelaksanaan idul adha dapat dengan tertib mengikuti ibadah shalat, sehingga nantinya acara shalat yang diadakan dapat berjalan khusuk lancar dan aman,” tambahnya.

Sementara itu, pihak kepolisian demi kelancaran kegiatan mengatakan akan melakukan penjagaan terkait kegiatan malam takbiran dan sholat idul Adha. Menurutnya, seluruh kegiatan yang ada nantinya akan mendapatkan penjagaan ketat dari aparat kepolisian dan anggota satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

“Kita himbau masyarakat agar berhati-hati dan selalu waspada, Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat pada malam takbiran akan ada kegiatan pawai obor, masing-masing peserta memegang obor menyala dari potongan bambu,” ujar Kapolres. Suwanda