Di Panti Pasaman, KKN-PPM Unand 2017 Ditutup dengan Berbagai Lomba

516
Usai acara penutupan KKN-PPM mahasiswa Unand Padang di Pasaman berkesepatan foto bersama.

JURNAL SUMBAR | Pasaman – Kegiatan bakti sosial kemasyarakatan mahasiswa Universitas Andalas, Padang dengan tajuk KKN-PPM Unand Padang 2017 di Kecamatan Panti ditutup dengan berbagai lomba. Kegiatan kian mencair berkat kerjasama antara para mahasiswa Unand dengan masyarakat dan pemuda setempat.

Kegiatan penutupan KKN-PPM Unand Padang 2017 dipusatkan di Lapangan Bola  Tanjungmedan, Kecamatan Panti Selatan, Kabupaten Pasaman, Kamis(10/8) siang. Selain dihadiri Walinagari Panti dan 28 mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPN di daerah itu, juga tampak hadir sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Mengambil tema “Dek Basamo Mako Kadakek”, penutupan KKN-PPM diwarnai dengan penyelenggaraan sejumlah lomba yang melibatkan masyarakat setempat. Aneka lomba, mulai dari acara panjat batang pinang, tarik tambang, dan aneka lomba lain yang menarik begitu banyak perhatian masyarakat untuk menyaksikannya.

Fernanda Eka Putra, Koordinator KKN-PPM Unand Padang dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat setempat yang telah menerima mahasiswa Unand Padang dari berbagai Fakultas untuk melakukan KKN-PPM.

“Tanpa kerjasama dengan masyarakat, tidak mungkin KKN-PPM kami akan terselenggara dengan baik,” katanya.

Fernanda memuji sikap keterbukaan masyarakat sehingga dengan mudah para mahasiswa bisa bergaul, untuk kemudian menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang telah diprogramkan.

“Terus terang, tanpa dukungan masyarakat tidak mungkin kegiatan KKN-PPM kami akan terselenggara dengan baik,” kata Fernanda, sambil meminta maaf kalau selama keberadaan mereka di sana sempat berbuat salah dan keliru.

Intan Nilam Sari, Humas KKN-PPM Unand Padang 2017 menjelaskan, selama menjalankan KKN-PPM yang dimulai sejak 3 Juli dan akan berakhir pada Minggu (13/8/2017) mendatang, sejumlah kegiatan telah dilakukan para mahasiswa di daerah itu, seperti menggerakkan masyarakat untuk melakukan gotongroyong di sejumlah titik yang dianggap perlu.

“Kami juga intens melakukan sejumlah Sosialisasi,” ungkap mahasiswi Fakultas Hukum Unand itu, sambil menjelaskan bahwa kegiatan KKN-PPM Unand Padang 2017 itu diikuti 28 mahasiswa Unand Padang yang berasal dari berbagai Fakultas, seperti Fakultas Hukum, Pertanian, Kedokteran, Perternakan, dan lainnya.

Memberi darma bakti terhadap masyarakat melalui berbagai kegiatan, menurut Intan, para mahasiswa sebenarnya mendapat banyak pembelajaran dari masyarakat dari berbagai elemen.

“Masyarakat sudah membukakan mata hati kami dalam memandang makna kehidupan yang sebenarnya,” terang putri Sy. Panji Alam yang berasal dari Lubuk Sikaping itu. rilis/syf