Di Sijunjung, 20 Pasien Kurang Mampu Dapat Pelayanan Operasi Katarak Gratis

485
Operasi katarak gratis pasien kurang mampu di tinjau oleh pejabat terkait di RSUD Sijunjung.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Lagi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Dinas Kesehatan Sijunjung, Sabtu (12/8/2017) siang menggelar operasi katarak gratis bersama Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM) Sumbar.

Sebanyak 20 pasien mendapat operasi katarak secara gratis. Operasi katarak gratis itu khusus bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Pasien yang mendapat operasi gratis itu melalui penjaringan dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Sijunjung. Alhamdulillah, kegiatan kita dalam rangka HUT RI ke-72. Operasi ketarak khusus bagi warga yang kurang mampu,” ucap Direktur RSUD Sijunjung, dr. H. Yasril Sahnil kepada Jurnal Sumbar usai pelaksanaan operasi ketarak gratis.

Disebutkan Yasril, pihak RSUD dalam kegiatan bakti sosial sebagai penyedia sarana dan prasarana. “Kalau kita hanya penyedia sarana dan prasarana dan kalau yang melakukan operasi dari pihak BKIM Sumbar,” sebut Direktur RSUD Sijunjung itu.

Kepala BKIM Sumbar diwakili KTU-nya, Kusnadi, SKM, MKes kepada Jurnal Sumbar, Sabtu (12/8/2017) menyebutkan, operasi katarak yang dilakukan BKIM tersebut bagian dari kegiatan bakti sosial.

“Kegiatan bakti sosial kita laksanakan tiap tahun. Untuk sekarang operasi ketarak gratis ini kita lakukan pada 20 pasien dari masyarakat yang kurang mampu sesuai permintaan dari daerah masing-masing,” kata Kusnadi yang juga tokoh masyarakat asal Tanahdatar itu.

Disebut Kusnadi, dalam bakti sosial operasi katarak gratis itu, BKIM Sumbar melibatkan satu orang dokter spesialis mata, dr. Zukri Zainun, SPM dan dibantu tiga orang rasiden.

Kadis Kesehatan Sijunjung, drg. Ezwandra, MSc diwakili Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan, Frandesmon, SKM, MKM mengaku bangga atas kegiatan kerjasama dengan pihak BKIM Sumbar dan RSUD.

“Inilah bakti sosial yang kita laksanakan secara bersama dalam membantu operasi katarak secara gratis,” ucap Kadis Kesehatan Sijunjung, seperti disampaikan Frandesmon pada Jurnal Sumbar, usai acara. Saptarius