Dinilai “Berkinerja Buruk”, Beberapa Pejabat Eselon II Pemprov Sumbar Segera Dimutasi

1664
H. Nasrul Abit

JURNALSUMBAR | Padang – Pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Sumbar bakal ketar-ketir lagi seiring akan digulirkannya mutasi dalam waktu dekat ini. Wakil Gubernur, H. Nasrul Abit mengaku telah mengantongi nama-nama pejabat Eslon II yang akan dimutasi.

“Yang akan pensiun untuk Eslon II itu ada di Inspektorat, Dinas Lingkungan Hidup, dan Badan Kepegawaian Daerah Sumbar,” katanya, Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, setelah melewati enam bulan kerja pasca dilantik, telah dilakukannya eveluasi terhadap kinerja untuk golongan Eselon II. Hasilnya, akan ada mutasi untuk Eselon II yang kinerjanya dinilai kurang bagus.

Mantan Bupati Pessel dua periode itu menyebutkan, khusus untuk yang pensiun akan dilakukan seleksi terbuka untuk mengisi kursi yang ditinggalkan. Sedangkan untuk Eselon II dengan kinerja yang kurang bagus, akan langsung dimutasi.

“Untuk mutasi ini tidak akan dilakukan secara beramai-ramai, akan ada beberapa gelombang,” tegasnya.

Namun, ketika ditanya untuk nama-nama pejabat Eselon II yang akan dimutasi itu, Nasrul enggan menyebutkan nama-nama ASN golongan Eselon II tersebut.

Selain itu, dari pandangan orang ring satu di lingkungan Pemprov Sumbar, yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, kemungkinan mutasi bisa dilakukan untuk Eselon II yang sejauh dinilai kurang memiliki progres dalam hal menjalankan program kerja.

Pejabat yang disebut-sebut berkinerja “buruk” itu adalah, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Provinsi, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra, Kepala Biro Humas, dan beberapa Eselon II lainnya.

“Mereka dinilai kurang bagus dalam menjalankan program kerja. Bahkan, ada yang janggal terkait SPJ dan SPPD Eselon II itu. Dari pada terjerat korupsi, maka perlu segera dimutasi,” ungkap orang ring satu itu. Tim