Jabatan Sekda Sijunjung Dilelang, Kabiro Umum Kemenag RI Disebut Berpeluang Besar

1463
Adlis MT, Plt. Sekdakab Sijunjung.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sejumlah nama bakal calon (Balon) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, Sumbar mulai bermunculan. Bahkan panitia seleksi (Pansel) Sekda Sijunjung juga mulai sibuk mengatur persiapan penjaringan Balon Sekda.

“Kita siap membantu sepenuhnya untuk penjaringan persiapan seleksi bakal calon Sekda. Kita siap dan akan loyal pada atasan hingga adanya Sekda yang difenitif,” kata Plt. Sekdakab Sijunjung, Adlis, MT kepada Jurnal Sumbar, Selasa (15/8/2017) siang.

Menurut Plt Sekdakab Sijunjung, Adlis, penjaring bisa dilakukan jika Pansel sudah siap. “Bukan tidak mungkin di tahun 2017 ini akan ada Sekda yang difentif. Tapi itu semua tergantung dengan Pansel,” sebut Plt Sekda Sijunjung.

Terkait sejumlah nama bakal calon sekda mulai bermunculan pun tak ditampik Plt Sekda Sijunjung. “Siapa saja asal memenuhi syarat bisa saja. Yang jelas, penjaringan, skopnya Sumatera Barat. Bisa jadi nantinya ada yang dari luar daerah yang mencalonkan diri,” kata Adlis.

Tapi, katanya, di lingkungan Pemkab Sijunjung, banyak yang layak dan memenuhi syarat. “Di Sijunjung sudah banyak pejabat yang sudah esselon II B dan juga memungkinkan. Soal mereka mau mencalon atau tidaknya, ya itu tergantung kandidatnya,” kata Adlis.

Sejumlah nama yang bermunculan di kalangan Pemkab Sijunjung terdapat nama Edwin Suprayaogi (Asisten II), Irwandi (Asisten I), Jaheri (DPKD), Hasmizon (Staf Ahli), Yofritas (Kadis Persenipora), Febrizal Ansori (Bappeda) dan Syukri (Kadis PMN). Bahkan di kalangan wanita juga muncul nama Yenuarita (Kadis Dukcapil).

Tapi, di pihak luar lingkungan Pemkab Sijunjung, juga tersiar nama Hasrul Piliang (Pejabat di Padang), Syafrizal Syofyan (Kabiro Umum Kemenag RI) bahkab nama Jonni Afrizon Jamarun (Kepala Diklat Industri Regional II Padang) juga dinilai layak dan pantas untuk menjadi orang nomor satu dilingkungan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sijunjung.

“Yang terpenting seorang Sekda itu siap membantu tugas dan kerja kepala daerah, dan loyal pada bupati, serta tahu dengan porsi dan kedudukannya sebagai Sekda,” kata Wabup Sijunjung, Arrival Boy, suatukali. Saptarius