Jaga Kamtibmas, FKPM Kabupaten Limapuluh Kota Dikukuhkan

941
FKPM Kabupaten Limapuluh Kota dikukuhkan oleh Plt Sekda M Yunus di Payakumbuh.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kabupaten Limapuluh Kota, pemerintah setempat mengukuhkan pengurus Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) di aula Dinas Kesehatan, kantor Bupati Lama, Selasa (1/7-2017) sore.

Pengukuhan itu dilakukan oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang diwakili oleh Plt. Sekda M. Yunus didampingi Kapolres Limapuluh Kota, AKBP. Haris Hadis. Ikut hadir Ketua FKPM Provinsi Sumbar H. Sayuti Dt, Rajo Pangulu, Pengurus FKPM se Provinsi Sumbar berserta puluhan aparat kepolisian yang bertugas dalam kamtibmas.

Pengurus FKPM Periode 2017-2020 yang dilantik itu, yakni Ketua Nasrul Rasyid Dt. Paduko Majo Indo Nan Gomuak, Wakil Ketua AKP. (Purn) H.B. Dt. Marajo, Kasat Binmas Polres 50 Kota, Iptu. Afdhal. K, H. Taufik Hidayat SE, Emmi Setiawan, Bendahara AKP. Elvia Daimar dan Sekretaris Artoyo S.Sos dan Brigadir Ringgi Oktoriza.

Selanjutnya pengurus FKPM Bidang Adat, yakni H. Kamul Dt. Rajo Bagindo S,Pdi, M. Dt, Tumbi Rajo, St. Dt. angkat Dirajo, F. Dt, Luak Cimano dan Rabiatul Adawiyah. bidang hukum perundang-undangan diantaranya Drs. Rakiman ,MM, Jeki Mardona, Iptu Army Ariosa, Drs. Ali Akmal dan  Gusmardi,SH. Bidang Syara, Drs H. Zakaria Khatib, Jon Efendi dan H. Marlis. Kemudian, bidang kesra Jayusman, Drg, yenny, Afnil SAg dan Eko Wahyudi. Terakhir, bagian bidang kerjasama humas Meddy Sulhendri, Afrianto SH, Bodi Putra, Masri M dan Fajri Ramadhan.

Plt. Sekda M Yunus dalam sambutannya mengajak semua pihak yang tergabung dalam FKPM Limapuluh Kota agar bersama-sama mencitpakan keamanan dan ketertiban di daerah masing-masing. “FKPM merupakan perpanjangan tangan polisi dalam kamtibmas. Untuk itu, FKPM harus mampu membantu pihak kepolisian bekerja sama dengan masyarakat,” ujarnya.

M Yunus menghimbau semua pihak  untuk mendukung program FKPM Limapuluh Kota kedepan, diharapkan nantinya FKPM yang baru dilantik benar-benar menerapkan program-progaram yang baik kepada masyarakat.

Senada juga diungkapkan Kapolres 50 Kota, AKBP. Haris Hadis, Sik, MM, Tr. dalam kesempatannya dirinya mengucapkan ucapan selamat kepada pengurus yang dikukuhkan. Menurutnya, kedepan banyak program yang akan dijalankan. Untuk itu diminta kerjasamanya FKPM agar kamtibmas bisa dilaksanakan dengan baik.

 

“Yang terpenting bagaimana kerjasama antara FKPM dengan Tiga Pilar, baik di tingkat kabupaten maupun di kecamatan. Jika koordinasi ini berjalan dengan baik, saya yakin kamtibmas bisa dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKPM Provinsi Sumatra Barat H. Sayuti Dt, Rajo Pangulu, MPd  mengajak semua lapisan dalam semangat pengukuhan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mendeteksi gangguan kamtibnas di akar rumput. “Konsepnya bagaimana kita sebagai anggota FKPM menjadikan diri sendiri sebagai polisi,” ujarnya.

Dikatakannya, FKPM adalah  perpanjangan tangan polisi dan juga sebagai mediator dan penyuluhan di dalam masyarakat. FKPM harus mampu menyelesaikan permasalahan tipiring dan masalah ringan lainnya. Suwanda