Juara USB-DC Honda DBL 2017, Penari SDC SMN 3 Padang Kembali Adu Kebolehan di IMA-DC 2017

698
Tari kontemporer "Simponi Minangkabau" kembali menjadikan Smantri Dance Cerew (SDC) SMAN 3 Padang juara USB-DC Honda DBL 2017 di Padang.

JURNAL SUMBAR | Padang – Tradisi juara bagi penari Smantri Dance Crew (SDC) SMAN 3 Padang adalah sebuah keniscayaan. Terbukti, sepuluh penari di bawah asuhan pelatih Juliana Demessi itu kembali menjuarai USB Dance Competition (USB-DC) pada ajang Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) 2017 di GOR Prayoga, Padang tanggal 21-29 Juli 2017.

Guna menghadapi USB-DC Honda DBL 2017, alumni SMAN 3 Padang gelar seleksi penari dari siswi kelas 10 dan 11. Terpilih Shelly Artha Novani (Kapten), Nella Anggraini Defriyanto, nadya Yuliastri, Monica Alivia Ika Safitri, Novia Salsabela Adina, Salsa Bila Evandi, Miftah Aulianti, Adinda Syafira dan Putri Deniya sebagai penari SDC 2017.

Kali ini, pelatih Juliana Demessi mengangkat tari kontemporer berjudul Simponi Minangkabau, dengan tema, anak Minangkabau harus maju di tengah gelombang globaliasi, dan tetap memelihara kelestarian adat dan budayanya.

“Ini adalah kisah hidup saya, dimana saya harus maju walau banyak rintangan yang menghadang, dan saya tetap harus memelihara kelestarian adat dan budaya Minangkabau,” sebut pelatih Juliana Demessi kepada Jurnal Sumbar baru-baru ini di Padang.

“Tari kontemporer ini saya perkaya dengan penggalan tari Piring dan tari Payung khas Minangkabau,” papar Juliana.

Setelah berlatih keras selama empat bulan, dan juga harus menyiapkan kostum dan biaya latihan secara mandiri, sepuluh penari SDC kembali memetik kemenangan puncak. SDC kembali menjuarai USB-DC Honda DBL 2017 setelah mengalahkan empat TOP Five hasil seleksi puluhan SMA dan SMK se Sumatera Barat, yaitu SMA Donbosco Padang (PA), MAN 2 Padang, SMAN 10 Padang dan SMA DEK Padang.

“Ini adalah buah kerja sama tim yang harus kami wariskan kepada adik-adik kelas kami di SMAN 3 Padang,” sebut kapten Shelly Artha Novani. “Ini adalah salah satu wujud pengabdian kami untuk mengibarkan nama besar Smantri di tingkat Sumbar dan nasional,” tambahnya.

“Kini kami kembali berlatih untuk persiapan Indonesia Marketing Asotiation Dance Competition (IMA-DC) di ajang Dragon Boats Expo 2017 di GOR H. Agus Salim Padang,” ungkap Shelly lagi. “Insya Allah, kami akan kembali mempersembahkan prestasi terbaik bagi SMAN 3 Padang,” tambahnya optimis. “Doain ya,” harapnya puteri bungsu pasangan Novermal Yuska dan Aniza Suryati itu. Enye