Khatib Shalat Idul Adha, Pemkab Sijunjung Datangkan Dekan Ushuludin UIN Jakarta

310
M Hasbi

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dekan Fakultas Ushuludin Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Prof. DR. Masri Mansur, MM dijadwalkan akan bertindak sebagai khatib shalat Idul Adha yang dipusatkan di lapangan Prof. M. Yamin Muaro Sijunjung, Jumat (1/9/2017) mendatang. Sementara imam dipercayakan kepada Dasrizal, SSI, M.Is yang juga Dosen Fakultas Ushuludin UIN Jakarta.

“Kita mengundang Prof. DR. Masri Mansur, MA dan Dasrizal menjadi khatib dan imam Sholat Idul Adha. Sementara khatib dan iman cadangan kita siapkan, Asrizal, MA dan Syafriwandi, S.PdI,” kata Kepala Bagian Kesra Setdakab Sijunjung, M. Hasbi di ruang kerjanya, Selasa (29/8/2017).

Menurut dia, Dekan Fakultas Ushuludin UIN Jakarta ini sudah menyatakan bersedia menjadi khatib pada Sholat Idul Adha. Begitu juga dengan Dasrizal juga sudah menyatakan bersedia menjadi imam shalat Idul Adha.

Terkait pelaksanaan Sholat Idul Adha di lapangan Prof. M. Yamin, pihak panitia telah melakukan berbagai persiapan, baik tikar, mimbar, soud system maupun genset sebagai sumber listrik cadangan.

Begitu juga jika hari hujan, pelaksanaan shalat Idul Adha akan dipindahkan ke Masjid Taqwa atau Istiqlal. ”Kalau hari hujan, shalat Idul Adha dilaksanakan di masjid Taqwa dan Masjid Istiqlal,” ujarnya.

Setelah selesai shalat Idul Adha, seperti biasa Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung bersama unsur forkopimda dan kepala SKPD mengelar open house dengan masyarakat di Balairuang Lansek Manih.

Kegiatan open house yang menjadi kegiatan rutin setiap momen Idul Adha merupakan sebagai wahana untuk mempererat silaturahim dengan masyarakat. Pada open house itu Pemkab Sijunjung akan menyuguhi  beraneka ragam kuliner khas Sijunjung. azt/humaskab Sijunjung