Pansel Akan Rekam Jejak Calon Sekda Sijunjung

Yuswir Arifin; Dipilih 3 Besar Yang Terbaik dan Loyalitas Tinggi

981

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Penjaringan kandidat calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, terus berlanjut. Bahkan pihak penitia seleksi (pansel) akan melakukan rekam jejak terhadap calon sekda hingga mengerucut tiga besar untuk dibawa ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Soak calon sekda, semua kita serahkan pada Pansel. Siapa saja yang mencalonkan diri asal memenuhi syarat yang sudah ditentukan silahkan saja,” kata Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, kepada Jurnal Sumbar, Selasa (22/8/2017) pagi.

Menurut Bupati Yuswir Arifin, bagi calon sekda yang berasal dari, Solok, Bukittinggi, Payakumbuh dan daerah lainnya akan dilakukan rekam jejak. “Calon sekda dari luar Sijunjung akan kita lakukan rekam jejak dan akan kita tanya pada kepala daerahnya masing-masing. Tapi, kalau soal calon dari Sijunjung tak perlu rekam jejak karena saya sendiri sudah tahu,” sebut Yuswir Arifin.

Jika Pansel sudah mendapatkan tiga besar, maka bupati akan segera membawa berkasnta ke KASN. “Jika sudah lengkap dan baru kita bawa ke KASN untuk mendapat persetujuan dan rekomendasi. Jika sudah disetujui barulah kita akan memilih yang terbaik dari tiga besar itu. Yang terpenting sekali sekda itu harus memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Bahkan menurut bupati, Sijunjung juga cukup banyak kandidat yang layak dan sudah memenuhi syarat. “Sijunjung sendiri cukup banyak yang sudah memenuhi syarat. Tapi, jika mereka tidak mendaftar kan salah mereka sendiri, karena ini sistem online dan tidak ada istilah titipan. Jika Pansel sudah menemukan tiga besar yang terbaik baru kita ajukan ke KASN dan kwlemudian baru dipilih,”sebut Bupati Yuswir Arifin.

Panitia seleksi (Pansel) penjaringan calon Sekda Sijunjung itu melibatkan sejumlah pejabat birokrasi Pemprop Sumbar serta para pejabat pamong Sumbar dan dari unsur akademisi.

Penjaringan calon sekda dibuka dari tanggal 18 Agustus hingga 7 September 2017 mendatang. Disebutkan Bupati Yuswir Arifin, Ketua Pansel calon Sekda Sijunjung itu dipercayakan pada Asisten III Sekdaprop Sumbar, Nasir Ahmad, dengan anggota Asisten I Setdaprov Sumbar, Devi Kurnia dan Alimermen dari Diklat Sumbar serta Rektor Universitas Bunghatta, Prof. Azwar Ananda dari kalangan akademisi.

“Merekalah nantinya akan menguji dan menyeleksi calon Sekda Sijunjung termasuk melakukan rekam jejak mereka,” ucap Bupati Yuswir Arifin.

Sejumlah nama yang bermunculan di kalangan Pemkab Sijunjung terdapat nama Edwin Suprayaogi (Asisten II), Irwandi (Asisten I), Jaheri (DPKD), Hasmizon (Staf Ahli), Yofritas (Kadis Persenipora), Febrizal Ansori (Bappeda) dan Syukri (Kadis PMN). Bahkan di kalangan wanita juga muncul nama Yenuarita (Kadis Dukcapil). [Saptarius]