Rusak Berat, Jalan Lintas Sumatera di Sijunjung Mengundang Maut

833
Lubang menganga yang menghiasi jalan lintas Sumatera di Sijunjung mengundang maut bagi pengguna jalan.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kondisi ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Sijunjung, Sumbar banyak yang rusak berat dan membahayakan pengguna jalan. Bahkan tak jarang akibat banyaknya jalan yang rusak dan berlobang tersebut sering menyebabkan terjadi kecelakaan dan bahkan mengancam maut.

Beberapa kali terjadi kecelakaan yang menyebabkan adanya meninggal juga diduga dipicu akibat menghindari jalan berlobang.

Terkait terjadinya rawan kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Jalinsum akibat banyak jalan yang rusak pun tak ditampik Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir, S.IK, MHum.

“Banyaknya terjadi Lakalantas juga dipicu karena jalan rusak. Karena jalan banyak berlobang, sehingga pengguna jalan banyak menghindari jalan yang rusak. Sehingga tak jarang seringkali terjadi kecelakaan,” kata Kapolres.

Dari pantauan Jurnal Sumbar di lapangan, hampir semua ruas Jalinsum di Sijunjung mengalami rusak parah. Meski sempat diperbaiki, itu hanya sebatas tambal sulam.

Lihat saja di Simpang Tanahbadantuang, Sijunjung, justeru ruas Jalinsum itu berlobang cukup dalam dan lebar. Untung saja warga setempat memberi marka jalan dengan ban mobil untuk menghindari terjadinya Lakalantas. Dibutuhkan segera perhatian dari pihak terkait untuk segera memperbaikinya. Saptarius