Satpol PP dan Damkar Provinsi Sumbar Fokus Tertibkan Tambang Liar

460
Zul Aliman

JURNAL SUMBAR | Padang – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Provinsi Sumatera Barat kini fokus tertibkan tambang tanpa izin. Selain itu, juga mensupport kabupaten/kota wujudkan ketertiban umum.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Sumbar, Zul Aliman, SE, MM kepada Jurnal Sumbar di Padang, Selasa siang (29/8-2017). “Penertiban tambang tanpa izin jadi fokus kita,” sebutnya. “Karena sudah merusak lingkungan,” tambahnya.

Dijelaskan Zul Aliman, daerah yang sudah ditertibkan adalah Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Solok Selatan. “Pol PP kabupaten setempat dan instansi terkait kita libatkan dalam penertiban tersebut,” jelasnya.

“Kita kini juga sedang lakukan monitoring di Sijunjung,” tambah Zul Aliman.

Ditambahkan Zul Aliman, Satpol PP dan Damkar Provinsi Sumbar juga mensupport Satpol PP dan Damkar kabupaten/kota dalam mewujudkan ketertiban umum di daerah. “Kita juga turun menertibkan cafe-cafe tanpa izin dan yang beroperasi lewat waktu,” ujarnya. “Kita juga tertibkan peredaran minuman keras,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Zul Aliman, Satpol PP dan Damkar Provinsi Sumbar juga melakukan pemetaan daerah-daerah rawan kebakaran. “Operasionalnya dilakukan oleh Damkar kabupaten/kota,” sebutnya.

“Kita juga sedang berusaha mengadakan unit mobil Damkar, khususnya untuk antisipasi kebakaran di gedung-gedung milik Pemprov Sumbar dan sekitarnya,” tutup Zul Aliman. Enye