Seorang JCH Limapuluh Kota Meninggal di Asrama Haji Padang

674
Jamaah calon haji asal kabupaten Limapuluh Kota yang meninggal dunia di Asrama Haji Padang dievakuasi oleh petugas kesehatan.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Sebelum berangkat ke tanah suci, seorang Calon Jemaah Haji (JCH) kloter 09 emberkasi Padang asal Kabupaten Limapuluh Kota, meninggal dunia di Asrama Haji Padang, pada Minggu (6/8) pagi.

Informasi itu, disampaikan Bupati Limapuluh Kota kepada wartawan sebelum keberangkatan dirinya menunaikan ibadah haji, Minggu (6/8) siang. “Benar ada salah seorang rombongan Jamaah Calon Haji kloter 9 asal Limapuluh Kota yang meninggal dunia,” ujarnya.

Keteranggan Irfendi, calon jemaah yang meninggal itu adalah Minas Kawi (62), jemah asal Jorong Lokuang, kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh. “Almarhumah ibu Raminas meninggal tadi pagi sekitar pukul 08.15 di Asrama Arafah Emberkasi Haji Padang,” ujarnya.

Dikatakannya, rombongan kaget mengatahui kabar Almarhumah meninggal dunia, padahal kepergian terjadi beberapa jam sebelum keberangkatan menuju tanah suci. “Tadi pagi almarhumah masih sempat serapan bersama dengan JCH lainnya. Tapi Allah berkehandak lain, ibu  Minas Kawi telah pulang keramahtullah, semoga alamarhumah husnul khotimah,” tambah Irfendi

Kepada keluarga yang ditinggalkan Irfendi menyampaikan rasa bela sungkawanya. “Saya harap keluarga tabah menerima takdir ini, kita doakan seluruh amal ibadah beliau diterima dan mendapat tempat yang mulia disisi Allah SWT,Amin,” pungkasnya.

Informasi meninggalnya JCH ini juga disampai kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Limapuluh Kota, Arwital. Menurutnya, kejadian ini berawal ketika almarhum selesai sarapan pagi di asrama. “Selesai sarapan waktu itu, almarhumah mengalami pusing dan terjatuh di kamar mandi,” ujarnya.

Dikatakannya, dari keterangan pihak kesehatan Almarhumah Ibu Minas memang diketahui memiliki riwayat penyakit. “Ibu Minas memang memiliki riwayat tekanan darah tinggi (Hipertensi). Usai sarapan pagi tadi rencananya beliau ingin melaksanakan sholat dhuha dan pergi berwudu’, saat hendak ke kamar mandi itulah almarhumah mengalami punsing dan terjatuh,” ungkapnya.

Setelah dilarikan ke klinik kesehatan Asrama Haji oleh tim medis ibu Minas diketahui telah meninggal dunia. “Pihak keluarga mengaku ikhlas atas kepergiannya, saat ini alamrhumaah telah dipulangkan kekediamannya di Koto Tinggi,” sebutnya.

Kloter 9 emberkasi Padang ini dijadwalkan diberangkatkan ke tanah suci mekkah pada Minggu (6/8) pukul 15.00 Wib. Suwanda