Setelah Lima Tahun Absen, Pesisir Selatan Kembali Raih Piala Adipura

561
Bupati Hendrajoni beserta isteri poto selfi dengan pasukan kuning sang pahlawan kebersihan Pesisir Selatan.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Setelah absen hampir lima tahun, Pesisir Selatan kembali memboyong Piala Adipura untuk Painan dalam kategori kota kecil. Adipura tersebut diterima langsung oleh Bupati  Hendrajoni dari Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wannabhakti Kemeneg LH, Rabu malam (03/08-2017).

Dalam keterangannya kepada wartawan, Bupati Hendrajoni mengatakan akan menjadikan penghargaan Adipura ini sebagai momentum untuk mewujudkan Painan dan Pessel sebagai kota dan kabupaten yang bersih serta menjadikannya sebagai gaya hidup.

“Ini (Adipura) akan kita jadikan sebagai momentum untuk terus hidup bersih dan menjadikan kebersihan sebagai gaya hidup dan supremasi kehidupan,” tutur Hendrajoni melalui sambungan telepon.

Untuk meuwujudkan kebersihan tersebut, Hendrajoni akan mencoba mencari cara dan kiat-kiat agar masyarakat yang tinggal di seputaran objek wisata bisa membudayakan hidup bersih.

“Seindah apapun objek wisata yang kita miliki, namun apabila sampah sampah berserakan, ini akan dapat mengurangi minat para wisatawan berkunjung ke daerah kita,” ucap HJ, panggilan akrab mantan perwira menengah kepolisian tersebut.

Hendrajoni juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama mewujudkan kebersihan dan keindahan kota Painan, Pesisir Selatan serta objek-objek wisatanya. Sehingga objek wisata tersebut akan semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

Apalagi kalau wisatawan itu orang Eropa dan negara negara maju, faktor kebersihan lingkungan ini menjadi pertimbangan bagi mereka untuk mengunjungi negara tujuan wisata mereka,” tegas Hendrajoni.

Hari ini rombongan Hendrajoni yang membawa Piala Adipura itu datang dari Jakarta disambut oleh pejabat masyarakat Pessel di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Adipur ini akan diarak menuju Painan, Pesisir Selatan yang berjarak hampir 80 KM dari Kota Padang. Jef