Sopir Teladan, Syafra dan Sepri Wakili Limapuluh Kota ke Tingkat Provinsi

243
Plt Kepala Dishub poto bersama dengan peserta penyuluhan tentang berbagai aspek kendaraan.

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Guna memberikan pembekalan dan penyuluhan tentang berbagai aspek berkendara, Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluh Kota menggelar berbagai kegiatan untuk para sopir di Kabupaten itu. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Perhubungan, Yuniwal kepada wartawan, Rabu (9/8) di kantornya.

“Seluruh rangkain kegiatan penyuluhan bagi para sopir angkutan umum tahun 2017 ini, alhmadulillah dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dalam bentuk pemilihan abdi yasa teladan,” sebutnya.

Dikatakannya, kegiatan pemilihan abdi ini pada prinsipnya dilaksanakan sebagai salah satu bentuk partispasi pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Dinas Perhubungan dalam mendukung dan memenuhi program kegiatan pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat provinsi dan tingkat nasional.

“Hal ini dapat dibuktikan dimana setiap peserta Abdi Yasa Teladan yang lulus tingkat Kabupaten, maka akan diutus mewakili kabupaten Limapuluh Kota. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan metode penyuluhan tentang berbagai aspek aturan berkendara,” tambahnya.

Dijelaskannya, nantinya hal ini akan bermuara kepada terciptanya keamanan, kenyamanan dan keselamatan angkutan umum di jalan raya. Adapan tata cara tersebut, bagaimana cara mengemudikan kenderaan umum yang baik dan benar berdasarkan ketentuan perundang-undangan, pelayanan prima dari sopir kepada penumpang.

“Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan wawasan dan pemahaman sopir dalam hal asuransi kecelekaan, organda, serta pengetahuan tentang Safety Driving bagi sopir,” jelasnya.

Sementara itu ketua pelaksana, M Rehatta kepada wartawan mengatakan, berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan, maka terpilih dua orang peserta pemenang pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat kabupaten. Pemenang itu yakni, Syafra Wadi Reza, sopir PT Sinamar Mandiri Transport dan Sepri Warman, sopir PT PLS Transport.

“Setelah memperoleh pembinaan, pembekalan dan penilian diharapkan kepada pemenang agar dapat menyebarluaskan wawasan dan pengetahuannya kepada rekan-rekan sesama awak kenderaan umum, guna ikut berperan serta meningkatkan kemampuan dan kesadaran berlalu lintas,” ungkapnya.

Harapannya, para sopir tetap mengedepankan pelayanan prima kepada para penumpang angkutan umum, terutama dengan mengutamakan ketertiban dan keselamatan berkendara di jalan raya. Suwanda